Peningkatan kemampuan pemahaman, berpikir lateral matematis dan self confidence peserta didik melalui Pembelajaran Bentang Pangajen berbasis Konflik Kognitif: penelitian kuasi eksperimen di MTs AL - Irfan Tanjungsari

Lestari, Rissa Srirahayu (2018) Peningkatan kemampuan pemahaman, berpikir lateral matematis dan self confidence peserta didik melalui Pembelajaran Bentang Pangajen berbasis Konflik Kognitif: penelitian kuasi eksperimen di MTs AL - Irfan Tanjungsari. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir lateral matematis peserta didik pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Bentang Pangajen berbasis Konflik Kognitif, Bentang Pangajen, dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Cluster Random Sampling, didapat kelas IX-A, IX-B dan IX-C. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir lateral matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran bentang pangajen berbasis konflik kognitif, bentang pangajen, dan pembelajaran konvensional; (b) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir lateral matematis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran bentang pangajen berbasis konflik kognitif, bentang pangajen, dan pembelajaran konvensional; dan (c) self confidence perserta didik terhadap pembelajaran bentang pangajen berbasis konflik kognitif dan pembelajaran bentang pangajen. Pengambilan data menggunakan instrumen tes yaitu soal pemahaman dan berpikir lateral matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta skala self confidence. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Hasil analisis gain ternomalisasi menyatakan adanya perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir lateral matematis peserta didik dengan urutan peningkatan tertinggi adalah yang memperoleh pembelajaran BPBKK, Bentang Pangajen, dan pembelajaran konvensional; (b) Hasil analisis data n-Gain menyatakan terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman dan berpikir lateral matematis peserta didik antara yang memperoleh pembelajaran BPBKK, Bentang Pangajen, dan pembelajaran konvensional; (c) Berdasarkan analisis data skala self confidence peserta didik yang memperoleh pembelajaran Bentang pangajen berbasis konflik kognitif dan Bentang pangajen diketahui bahwa pada umumnya peserta didik merespon positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konflik Kognitif; Bentang Pangajen; Pemahaman matematis; Berpikir Lateral Matematis; Self Confidence
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rissa Srirahayu Lestari
Date Deposited: 10 Oct 2018 06:46
Last Modified: 10 Oct 2018 06:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15196

Actions (login required)

View Item View Item