Pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan media poster terhadap berpikir kritis siswa pada materi ekosistem: penelitian quasi eksperimen di SMP Karya Budi Cileunyi

Martika, Desti Ayu (2018) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan media poster terhadap berpikir kritis siswa pada materi ekosistem: penelitian quasi eksperimen di SMP Karya Budi Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berpikir kritis pada siswa. Model pembelajaran TPS dengan media poster dipilih agar tingkat berpikir kritis siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran TPS dengan media poster terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimendengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol di SMP Karya Budi Cileunyi. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, Lembar Observas (LO), tes keterampilan berpikir kritis, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran siswa dan guru berjalan dengan sangat baik.Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen meningkat dengan nilai N-Gain0,73 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,61. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan thitung(5,23) > ttabel(2,00) maka, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model TPS dengan media poster berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi ekosistem. Sikap siswa terhadap pembelajaran model TPS dengan media poster mendapatkan respon baik dengan kategori tinggi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TPS; Critical Thinking; Posters
Subjects: Biology > Philosophy and Theory of Biology
Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Desti Ayu Martika
Date Deposited: 10 Oct 2018 04:32
Last Modified: 10 Oct 2018 04:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15284

Actions (login required)

View Item View Item