Penggunaan software Geometer’s Sketchpad untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa (Penelitian kuasi eksperimen pada materi segitiga dan segiempat di kelas VII SMP Negeri 17 Bandung)

Wulandari, Alfiana (2018) Penggunaan software Geometer’s Sketchpad untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa (Penelitian kuasi eksperimen pada materi segitiga dan segiempat di kelas VII SMP Negeri 17 Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_Bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan representasi matematis siswa yang masih rendah menjadi permasalahan yang mendasar dalam penelitian ini. Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan software Geometer’s Sketchpad menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) sikap siswa terhadap penggunaan software Geometer’s Sketchpad dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 17 Bandung, menggunakan metode eksperimen dengan quasi experimental design terdapat 2 kelas yaitu, kelas VII.I menggunakan software Geometer’s Sketchpad (Eksperimen) dan kelas VII.G menggunakan pembelajaran konvensional (Kontrol). Hasil penelitian sebagai berikut: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa antara yang menggunakan software Geometer’s Sketchpad dan pembelajaran konvensional berdasarkan Pengetahuan Awal Matematika (PAM) dan tidak terdapat interaksi antara kategori nilai Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa dengan pembelajaran dalam pencapaian kemampuan representasi matematis siswa; (c) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan software Geometer’s Sketchpad sebagian besar siswa memberikan respon positif. Dengan demikian penggunaan software Geometer’s Sketchpad efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Software Geometer’s Sketchpad, Kemampuan Representasi Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Alfiana Wulandari
Date Deposited: 11 Oct 2018 04:55
Last Modified: 11 Oct 2018 04:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15374

Actions (login required)

View Item View Item