Wulandari, Alfiana (2018) Penggunaan software Geometer’s Sketchpad untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa (Penelitian kuasi eksperimen pada materi segitiga dan segiempat di kelas VII SMP Negeri 17 Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (83kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan representasi matematis siswa yang masih rendah menjadi permasalahan yang mendasar dalam penelitian ini. Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan software Geometer’s Sketchpad menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) sikap siswa terhadap penggunaan software Geometer’s Sketchpad dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 17 Bandung, menggunakan metode eksperimen dengan quasi experimental design terdapat 2 kelas yaitu, kelas VII.I menggunakan software Geometer’s Sketchpad (Eksperimen) dan kelas VII.G menggunakan pembelajaran konvensional (Kontrol). Hasil penelitian sebagai berikut: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa antara yang menggunakan software Geometer’s Sketchpad dan pembelajaran konvensional berdasarkan Pengetahuan Awal Matematika (PAM) dan tidak terdapat interaksi antara kategori nilai Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa dengan pembelajaran dalam pencapaian kemampuan representasi matematis siswa; (c) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan software Geometer’s Sketchpad sebagian besar siswa memberikan respon positif. Dengan demikian penggunaan software Geometer’s Sketchpad efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Software Geometer’s Sketchpad, Kemampuan Representasi Matematis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Alfiana Wulandari |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 04:55 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 04:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15374 |
Actions (login required)
View Item |