Sania, Hilda Galih (2018) Penerapan pendekatan concrete representational abstract dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan sikap habits of mind: penelitian kuasi eksperimen di kelas XI SMK Bakti Nusantara 666. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (480kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) gambaran proses pembelajaran menggunakan pendekatan Concrete-Representational-Abstract, (b) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan kategori tinggi, sedang, rendah (PAM), (c) pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis, (d) sikap habits of mind setiap siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan pendekatan CRA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluru siswa kelas XI RPL SMK Bakti Nusantara 666. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga di dapat kelas XI RPL 4 dengan pendekatan Concrete-Representational-Abstract dan XI RPL 3 dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh: (a) Keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan CRA menunjukkan bahwa aktifitas guru dan siswa pada setiap pertemuannya dapat terlaksana dengan kategori sangat baik secara keseluruhan. (b) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas yang menggunakan pendekatan CRA tidak lebih baik daripada peningkatan pada kelas konvensional dengan menggunakan hasil data N-gain berdasarkan kategori PAM. (c) Pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas yang menggunakan pendekatan CRA lebih baik daripada pencapaian pada kelas konvensional menggunakan data posttest. (d) Terdapat peningkatan sikap habits of mind antara sebelum dan sesudah penerapan pendekatan Concrete-Representational-Abstract. Terimplikasi grand teori Piaget, Vygotsky dan Bruner sehingga pendekatan Concrete-Representational-Abstract efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Concrete-Representational-Abstract; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Habits of Mind |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hilda Galih Sania |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 07:10 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 07:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15501 |
Actions (login required)
View Item |