Ulpah, Mila (2018) Pengaruh pembelajaran eksploratif berbasis karakter terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa: penelitian di MTs Al-Jawami. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover Skripsi.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matemtika (PAM) dengan kategori rendah, sedang dan tinggi, hambatan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen, melibatkan 50 siswa dengan kelas eksperimen 25 orang dan kelas kontrol 25 orang. Hasil penelitian: 1) aktivitas guru dan siswa pada kelas eksperimen dengan pembelajaran eksploratif berbasis karakter sudah berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan dan sesuai dengan aspek yang tertera pada lembar observasi dengan baik. 2) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pembelajaran eksploratif berbasis karakter dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 3) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pembelajaran eksploratif berbasis karakter tidak berpengaruh lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) dengan kategori rendah, sedang dan tinggi. 4) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematis dapat diminimalisir. Dengan demikian bahwa penggunaan pembelajaran eksporatif berbasis karakter dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penalaran Matematis; Eksploratif Berbasis Karakter |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Analysis, Theory of Functions > Special Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs mila ulpah |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 06:59 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 06:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15503 |
Actions (login required)
View Item |