Penerapan model TGT (Team Games Tournament) dengan bantuan modifikasi permainan ular tangga untuk menigkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem

Herlinda, Delin (2018) Penerapan model TGT (Team Games Tournament) dengan bantuan modifikasi permainan ular tangga untuk menigkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover skripsi fix (watermak).pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak yang mirip sama buku panduan (watermak).pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi (watermak).pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I REVISI 5 (watermak).pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II revisi (watermak).pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III revisi (watermak).pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV revisi 1 (menghapus tata cara permainan yang panjang) (watermak).pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V (watermak).pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA yang revisi 5 (watermak).pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa jenuh dan kurangnya minat siswa dalam belajar serta tingkat kemampuan berfikir kritis siswa yang seharusnya dapat dikembangkan. Salah satu model yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa adalah model pembelajaran TGT (Team Games Tournament). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan kemampuan berfikir siswa dan respon siswa dengan menggunakan model TGT (Team Games Tournament) dengan bantuan permainan modifikasi ular tangga, untuk meningkatkan berfikir kritis siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Eksperimen. Penelitian dilaksanakan di kelas VII MTs AL-Jawami Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest, angket respon siswa dan keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa. Analisis data penelitian menggunakan uji t. Hasil keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan setiap pertemuan sebesar 95%. Peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa kelas eksperimen pertama dengan nilai N-Gain 0,05 berkualitas rendah dan kelas eksperimen kedua dengan nilai N-Gain 0,46 berkualitas sedang. Hasil uji t menunjukan bahwa terdapat pengaruh model TGT (Team Games Tournament) terhadap keterampilan berfikir kritis pada siswa. Hasil peningkatan berfikir kritis per- indikator tidak memperoleh hasil yang signifikan. Pada hasil respon siswa pada kegiatan pembelajaran menunjukan nilai rata-rata 68,3%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa penggunaan model TGT (Team Games Tournament) tidak berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Team games tournament; ekosistem; keterampilan berpikir kritis
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Delin Herlinda Herlinda
Date Deposited: 12 Oct 2018 09:05
Last Modified: 12 Oct 2018 09:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15558

Actions (login required)

View Item View Item