Khasanah, Uswatun (2018) Perbandingan hasil belajar kognitif peserta didik antara menggunakan media pembelajaran KIT dengan media pembelajaran PhET pada materi Getaran Harmonis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar kognitif peserta didik di MAN Cimahi kelas X MIA pada mata pelajaran fisika masih rendahnya sehingga memerlukan upaya untuk meningkatkan hasil kognitif khususnya pada materi getaran harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajara antara kelas yang menggunakan media pembelajaran KIT dengan kelas yang menggunakan media pembelajaran PhET serta membandingkan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi getaran harmonis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental design, dengan desain randomized pretest-posttest comparison group design. Populasi penelitian adalah kelas X MIA di MAN Cimahi. Sampel penelitian adalah pesera didik kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 3 MAN Cimahi, sampel dipilij dengan teknik purposive sampling dengan jumlah peserta didik masing-masing adalah 35 orang. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran di kelas yang menggunakan media pembelajaran KIT terlaksana dengan baik dibandingkan kelas yang menggunakan media pembelajaran PhET. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai signifikan <α(0.00<0.05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didikpada materi getaran harmonis setelah diterapkan penggunan media pembelajaran KIT dan media pembelajaran PhET. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penggunaan media pembelajaran KIT lebih baik dalam meningkatkan hasil kognitif peserta didik dibandingkan dengan enggunaan media pembelajaran PhET.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Getaran Harmonis; Hasil Belajar Kognitif; Media Pembelajaran KIT; Media Pembelajaran PhET. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Laboratories |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Uswatun Khasanah wibowo |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 08:25 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 08:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15651 |
Actions (login required)
View Item |