Pengaruh tingkat ukuran perusahaan (firm size) terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi pada perusahaan PT. Astra Agro Lestari Tbk

Sani, Rani Mardiani (2017) Pengaruh tingkat ukuran perusahaan (firm size) terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi pada perusahaan PT. Astra Agro Lestari Tbk. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin meningkat memberi peluang bagi para sumber daya manusia untuk mengolah dan mengembangkan kemampuannya dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah bidang ekonomi. Sumber daya manusia bekerja atau melakukan usaha untuk menambah nilai kekayaannya. Salah satu usaha yang tidak perlu banyak mengeluarkan tenaga untuk saat ini adalah melakukan investasi. Namun sebelum melakukan investasi, harus mengetahui perusahaan yang akan menjadi tempat usahanya. Perusahaan yang sudah berhasil dan baik untuk dijadikan tempat investasi dapat dilihat dari tingkat ukuran perusahaannya. Tingkat ukuran perusahaan merupakan suatu penetapan besar kecilnya perusahaan yang dapat dilihat dari total aset/harta perusahaan. Para investor tersebut mengharapkan keuntungan berupa Return Saham. Return Saham merupakan pengembalian saham dan hasil dari investasi para investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat ukuran perusahaan (firm size) terhadap return saham pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. Periode 2005 – 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif verifikatif. Data yang digunakan adalah laporan keuangan PT. Astra Agro Lestari Tbk. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu tingkat ukuran perusahaan (firm size) sebagai variabel independen dan return saham sebagai variabel dependen. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment (PPM), analisis koefisien determinasi, dan analisis uji hipotesis (Uji t). Berdasarkan hasil pengolahan data pada statistik dengan cara analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh sebesar 0,299 atau 29,9% merupakan koefisien penentu atau determinasi yang mengartikan bahwa ukuran perusahaan (firm size) berpengaruh terhadap return saham sebesar 29,9% sisanya 70,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Maka diperoleh nilai uji t sebesar -1,847 dengan tingkat signifikansi 0,102%. Hal ini memenuhi syarat uji thitung < ttabel yaitu -1,847 < 2,306 dengan nilai signifikansi sebesar 0,102%. Dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak dan H0 diterima yang artinya tidak terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara ukuran perusahaan (firm size) terhadap Return saham pada PT. Astra Agro Lestari Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan; Return Saham
Subjects: Production, Industrial Economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rani Mardiani Sani
Date Deposited: 28 Feb 2019 03:36
Last Modified: 28 Feb 2019 03:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15780

Actions (login required)

View Item View Item