Latif, Abdul (2018) Penerapaan pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif pada materi pemurnian logam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (433kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
Abstract
Pelajar tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan koginitf yang baik, melainkan juga harus memiliki kreativitas dalam menghadapi persaingan global. Pada penelitian ini, telah dikembangkan kreativitas mahasiswa dengan menerapkan pembelajaran creative problem solving (CPS) pada materi pemurnian logam. Desain metode yang digunakan adalah one shoot case study dengan subjek penelitian sebanyak 38 mahasiswa program studi Pendidikan Kimia semester II. Data kemampuan berpikir kreatif mahasiswa diukur melalui tes evaluasi kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari indikator kelancaran (fluency),keluwesan (flexibility), dan kebaruan (originality). Nilai pada indikator fluency didapatkan sebesar 88 yang mana termasuk pada kategori sangat baik. Nilai pada indikator flexibility didapatkan sebesar 72 yang mana termasuk dalam kategori baik. Sementara nilai pada indikator originality didapatkan sebesar 66 yang mana termasuk dalam kategori cukup. Secara keseluruhan tingkat kemampuan berpikir kreatif mahasiswa berada pada tingkat tiga dengan tercapainya indikator fluency dan flexibiity dan dikategorikan kreatif. Pembelajaran CPS menggunakan pendekatan yang berpusat pada keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan kreativitas sehingga menciptakan proses pembelajaran yang kreatif. Dengan demikian, pembelajaran CPS pada materi pemurnian logam dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | creative problem solving; fluency; flexibility; originality; pemurnian logam |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | abdul latif |
Date Deposited: | 12 Nov 2018 07:01 |
Last Modified: | 12 Nov 2018 07:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16297 |
Actions (login required)
View Item |