Puspita, Elpah (2018) Bimbingan tahfizh melalui metode jama' dalam meningkatkan perilaku beragama pada anak. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (442kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari sebuah pembinaan pelaksanaan tahfizh yang dilakukan di TPA Al-Kautsar yang disebut dengan bimbingan keagamaan yang didalamnya terdapat bimbingan tahfizh. Dengan adanya bimbingan tahfizh tersebut diharapkan peserta bimbingan tahfizh dapat meningkatkan perilaku beragamanya yang kurang baik, karena berdasarkan penelitian, masih banyak anak-anak yang suka melawan kepada orang tua, susah diatur, kurang sopan, malas sholat, malas membaca al-Quran, berbicara dengan bahasa yang kasar dan lain sebagainya. Dengan demikian, adanya perilaku yang terjadi pada anak-anak tersebut mengindikasikan bahwa masih kurangnya perilaku beragama pada anak. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku beragama anak sebelum masuk ke TPA Al-Kautsar, mengetahui proses bimbingan tahfizh melalui metode jama’ yang dilaksanakan di TPA Al-Kautsar, dan mengetahui peningkatan perilaku beragama anak setelah mengikuti bimbingan tahfizh melalui metode jama’ di TPA Al-Kautsar. Dalam penelitian ini di dasarkan pada pemikiran teori tentang bimbingan tahfizh dan perilaku beragama. Bimbingan tahfizh merupakan proses pemberian bantuan terhadap individu agar dengan potensi yang dimilikinya ia mampu mengembangkan diri secara optimal dalam meningkatkan proses menghafal, menjaga, dan memelihara sesuatu kedalam ingatan sehingga dengan demikian ia dapat fasih mengingatnya tanpa melihat buku atau catatan. Dan peilaku beragama berarti segala tindakan, perbuatan atau ucapan yang dilakukan seseorang sedangkan perbuatan atau tindakan serta ucapan tadi akan terkaitnya dengan agama, semuanya dilakukan karena adanya kepercayaan kepada Tuhan dengan ajaran, kebaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan alasan bahwa peneliti dapat menjelaskan atau menggambarkan gejala dan penyelesaian dari permasalahan tersebut. Penelitian degan metode ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Adapun hasil penelitian ini adalah pertama, sebelum anak mengikuti kegiatan bimbingan tahfizh, perilaku beragama anak (peserta) masih kurang baik. Kedua, pelaksanaan bimbingan tahfizh di TPA Al-Kautsar adalah menggunakan mtode jama’ yaitu metode menghafal ayat al-Quran yang dilakukan secara bersama-sama sehingga dapat memudahkan dan memotivasi anak dalam menghafal, selain anak termotivasi dalam menghafal, anak juga diberi bimbingan mengenai bagaimana berperilaku yang baik sesuai dengan petunjuk al-Quran. ketiga, setelah anak mengikuti bimbingan tahfizh, perilaku beragama anak yang awalnya kurang baik menjadi baik, dan yang awalnya baik menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Tahfiz; Metode jama'; Perilaku Beragama; Anak; |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Al-Hadits dan yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Elpah El Puspita |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 07:47 |
Last Modified: | 01 Nov 2018 07:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16322 |
Actions (login required)
View Item |