Perubahan sosial akibat interaksi antara wisatawan dengan masyarakat lokal: studi kasus pada lokawisata farmhouse susu Lembang di Desa Gudangkahuripan Kecamatan Lembang Bandung Barat

Nurtoyiba, Mita Laila (2018) Perubahan sosial akibat interaksi antara wisatawan dengan masyarakat lokal: studi kasus pada lokawisata farmhouse susu Lembang di Desa Gudangkahuripan Kecamatan Lembang Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya lokawisata Farmhouse Susu Lembang yang memberikan nuansa baru dalam industri pariwisata dengan memadukan konsep keindahan alam dan bangunan ala EroPa dan kekhasan produk olahan susu Lembang, juga menjadi peluang ekonomi bagi masyarakat lokal Desa Gudangkahuripan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perubahan sosial akibat interaksi antara wisatawan dengan masyarakat lokal Desa Gudangkahuripan. Kemudian untuk mengetahui bentuk-bentuk interaksi anatara wisatawan dengan masyarakat lokal Desa Gudangkahuripan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori motivasi berprestasi David McClelland yang menjelaskan dasar-dasar tentang psikologi dan sikap manusia dihubungkan dengan perubahan sosial yang terjadi. Kedua menggunakan teori manusia modern Inkeles yang berorientasi pada produktivitas wiraswastawan sebagai refleksi dari kemajuan manusia uunggul yang mampu melahirkan peluang usaha dan menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer berupa informan yang terdiri dari karyawan Farmhouse Susu Lembang, wisatawan, dan masyarakat lokal Desa Gudangkahuripan, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen dan literatur yang berkaitan dengan penelitian. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan berdasarkan model Miles dan Huberman dengan tiga tahapan, yakni penyajian data, reduksi data, serta verifikasi dan kesimpulan. Hasil penenelitian menunjukkan bahwa proses perubahan sosial akibat interaksi antara wisatawan dengan masyarakat lokal atas kehadiran lokawisata Farmhouse Susu Lembang bersifat perubahan difusional karena memuat informasi pengembangan pariwisata dan dampak yang ditimbulkan mencakup perubahan peran dan ekonomi keluarga, mobilisasi sosial, interkoneksi antarperusahaan, dan kerusakan lingkungan karena sampah yang betambah. Interaksi sosial antara wisatawan dengan masyarakat lokal Desa Gudangkahuripan bersifat asosiatif tipe kerjasama berupa pelibatan berbagai pihak dalam rangka pengembangan industri pariwisata dan perekrutan karyawan Farmhouse dari masyarakat lokal dan tipe akomodasi yakni komitmen pihak yang terlibah untuk tidak menyentuh ranah sensitif berkaitan dengan norma dan nilai sosial dimasyarakat lokal Desa Gudangkahuripan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sosiologi; Lokawisata; Interaksi;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: mita laila mita mita
Date Deposited: 01 Nov 2018 08:18
Last Modified: 01 Nov 2018 08:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16326

Actions (login required)

View Item View Item