Rahmah, Alfia (2018) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep korosi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran berbasis masalah merupakan situasi dimana peserta didik dihadapkan pada situasi masalah yang autentik atau nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, kinerja siswa, hasil belajar kognitif siswa, dan sikap siswa selama model pembelajaran berbasis masalah dilakasanakan pada konsep korosi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XII IPA I SMAN CIBUAYA Karawang, sebanyak 38 orang. Instrumen yang diguankan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar kerja siswa, lembar observasi psikomotor siswa, lembar soal pretest dan posttest, dan lembar observasi afektif siswa. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tergolong sangat baik dengan rata-rata persentase keterlaksanaan mencapai 93 %. kinerja siswa yang diukur dengan lembar okservasi psikomor selama pembelajaran pun tergolong sangat baik dengan rata-rata nilai 92,6 dan dari hasil lembar kerja siswa di dapat rata-rata 88,2. peningkatan hasil belajar siswa setelah model pembelajaran berbasis masalah diterapkan yang dilihat dari hasil uji hipotesis thitung = 35,57 lebih besar dari ttabel= 2,20. Dan dilihat dari N-gain peningkatan hasil belajar siswa tergolong dalam kategori tinggi dengan N-gain 0,71. Sikap siswa selama proses pembelajaran berbasis masalah diukur oleh lembar observasi afektif siswa, didapatkan nilai rata-rata 65 dengan kategori baik. Kata Kunci: Model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, korosi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar; korosi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Chemistry and Allied Science > Chemists |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Alfia Rahmah |
Date Deposited: | 02 Nov 2018 04:01 |
Last Modified: | 02 Nov 2018 04:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16342 |
Actions (login required)
View Item |