Pengaruh media sosial Instagram terhadap minat traveling mahasiswa studi kasus pada mahasiswa jurusan Sosiologi angkatan 2014 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Robbani, Zaid Adha (2018) Pengaruh media sosial Instagram terhadap minat traveling mahasiswa studi kasus pada mahasiswa jurusan Sosiologi angkatan 2014 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari maraknya anak muda khususnya Mahasiswa yang melakukan Traveling. Penulis melihat bahwa teman-teman disekeliling penulis di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung melakukan hal yang sama, melakukan Traveling. Dewasa ini penggunaan media sosial merupakan sesuatu hal yang wajib, sulit rasanya untuk menghindari kebiasaan ini di tambah dengan perkembangan sarana komunikasi yang kian lama semakin canggih.. Maka dari itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai kedua hal tersebut. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh media sosial instagram terhadap minat traveling mahasiswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial instagram terhadap minat traveling mahasiswa studi kasus pada mahasiswa sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2014. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional dari James Coleman, teori pilihan rasional ini memusatkan perhatian pada aktor. Aktor dipandang sebagai manusia yang mempunyai tujuan atau mempunyai maksud. Artinya aktor mempunyai tujuan dan tindakannya tertuju pada upaya untuk mencapai tujuan itu. Aktor pun dipandang mempunyai pilihan (atau nilai, keperluan). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan statistik parametrik, dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan angket. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling (Sampel Acak Sederhana), dari 240 populasi setelah di hitung menjadi 69 responden. Teknik pengolahan datanya berupa korelasi product moment pearson, regresi linier sederhana, uji t dan determinasi. Berdasarkan analisis hubungan kedua variabel diperoleh nilai koefisien korelasi antara variabel X dan Y didapat nilai korelasi (r) sebesar 0,396 yang menunjukkan adanya hubungan yang rendah. Dari hasil regresi didapat persamaan regresinya: Ŷ = 21,410 + 0,384 X dengan nilai signifikasi 0,000. Pengujian menggunakan tingkat signifikasi 0,05 dan 2 sisi (α = 5%). Berdasarkan output program SPSS maka didapat nilai t hitung sebesar 3,535. Tabel distribusi t dicari pada tabel statistik pada signifikasi 0,05/2 dengan derajat kebebasan df = n – k – 1 = 67. Hasil yang diperlibatkan pada t tabel sebesar 1,671. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh antara media sosial instagram terhadap minat traveling mahasiswa, karena nilai signifikasi sebesar 0,000 jika tingkat kesalahan yang digunakan adalah 0,05 atau (5%) maka nilai tersebut (0,000) < dari 0,05 atau (5%) artinya H0 ditolak, sehingga H1 diterima. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa ada pengaruh antara budaya kredit terhadap gaya hidup masyarakat sebesar 15,7%, sedangkan sisanya 84,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Instagram; Traveling;
Subjects: Teleology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Zaid Adha Robbani
Date Deposited: 12 Nov 2018 06:51
Last Modified: 12 Nov 2018 06:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16488

Actions (login required)

View Item View Item