Parida, Nita Nurul (2014) Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi: penelitian pre eksperimen di Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover skripsi.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK1.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTARISI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (651kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah proses pengajaran yang masih berpusat pada guru sehingga hasil belajar siswa terlihat kurang maksimal. Pada proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran fisika sehingga masih banyak nilai siswa yang dibawah KKM. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika dengan penerapan strategi pembalajaran aktif tipe everyone is a teacher here. Strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here adalah strategi pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai partisipan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here dan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK Muhammadiyah 2 Cibiru. Tehnik penarikan sampelnya menggunakan simple random sampling dan yang dijadikan sampel adalah satu kelas yaitu X RPL 2. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru selama mengikuti proses pembelajaran fisika dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here mengalami peningkatan pada tiap pertemuan dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diterapkannya strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here sesuai dengan hasil uji signifikansi (uji-t) yang menunjukkan thitung(20,02) lebih besar dari nilai ttabel(2,47). Besarnya peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh indeks normal gain adalah sebesar 0,60. Nilai ini termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan untuk hasil belajar ranah afektif dan psikomotor digunakan sebagai penunjang terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa, namun meskipun demikian hasil belajar ranah afektif dan psikomotor dengan menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here mengalami peningkatan pada tiap pertemuan. Dengan demikian strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Everyone Is Teacher Here; Hasil Belajar; Usaha; Energi; |
Subjects: | Physics > Data Processing and Analysis of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 30 Nov 2018 07:05 |
Last Modified: | 30 Nov 2018 07:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16581 |
Actions (login required)
View Item |