Apipah, Risma Nur (2018) Penerapan Argument Based Science Inquiry (ABSI) untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi pemurnian logam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (918kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi pemurnian logam. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas mahasiswa ketika proses pembelajaran, menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan Lembar Kerja (LK), dan menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi setelah pembelajaran ABSI. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas dengan desain one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas mahasiswa selama pembelajaran ABSI dikategorikan sangat baik dengan persentase keterlaksanaan rata-rata 95%, sedangkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan LK berbasis ABSI dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 80. Kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa setelah pembelajaran ABSI dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 74. Hal ini disebabkan karena pembelajaran ABSI memfasilitasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran dengan adanya kegiatan praktikum, menulis dan adu argumen, sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dengan demikian, pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ABSI; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Pemurnian Logam |
Subjects: | Argument and Persuasion Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Metallurgy > Electrometallurgy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Risma Nur Apipah |
Date Deposited: | 13 Feb 2019 09:16 |
Last Modified: | 13 Feb 2019 09:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16613 |
Actions (login required)
View Item |