Penerapan Argument Based Science Inquiry (ABSI) untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi pemurnian logam

Apipah, Risma Nur (2018) Penerapan Argument Based Science Inquiry (ABSI) untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi pemurnian logam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi pemurnian logam. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas mahasiswa ketika proses pembelajaran, menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan Lembar Kerja (LK), dan menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi setelah pembelajaran ABSI. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas dengan desain one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas mahasiswa selama pembelajaran ABSI dikategorikan sangat baik dengan persentase keterlaksanaan rata-rata 95%, sedangkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan LK berbasis ABSI dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 80. Kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa setelah pembelajaran ABSI dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 74. Hal ini disebabkan karena pembelajaran ABSI memfasilitasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran dengan adanya kegiatan praktikum, menulis dan adu argumen, sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dengan demikian, pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ABSI; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Pemurnian Logam
Subjects: Argument and Persuasion
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Metallurgy > Electrometallurgy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Risma Nur Apipah
Date Deposited: 13 Feb 2019 09:16
Last Modified: 13 Feb 2019 09:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16613

Actions (login required)

View Item View Item