Meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan metode picture and picture pada mata pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan membuat puisi bebas: penelitian tindakan kelas di Kelas V B MI Al Mishbah Kota Bandung

Hidayat, Ahmad (2014) Meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan metode picture and picture pada mata pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan membuat puisi bebas: penelitian tindakan kelas di Kelas V B MI Al Mishbah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I AHMAD HIDAYAT NEW 2014.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II AHMAD HIDAYAT NEW 2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III AHMAD HIDAYAT NEW 2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV AHMAD HIDAYAT NEW 2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA AHMAD HIDAYAT NEW 2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pembelajaran, melibatkan sejumlah komponen-komponen yang sangat penting dalam pembelajaran, terdiri atas guru, tujuan pelajaran, materi pelajaran, media, sistem pengajaran, metode, manajemen interaksi, evaluasi dan siswa. Pada saat seorang guru mendesain suatu program pengajaran, seyogyanya komponen-komponen tersebut mendasari pemikirannya. Salah satunya adalah metode pembelajaran. Diantaranya penggunaan metode Picture and Picture pada pokok bahasan keterampilan menulis puisi bebas siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VB MI Al Mishbah Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi bebas siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi bebas, dengan menggunaan metode Picture and Picture di kelas VB MI Al Mishbah Kota Bandung. Metode Picture and Picture ini diharapkan dapat memberikan kemudahan terhadap keterampilan menulis puisi bebas siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VB MI Al Mishbah Kota Bandung, yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Instrument yang digunakan terdiri dari observasi siswa dan guru, pemberian lembar kerja siswa untuk menulis puisi bebas pada setiap siklus. Adapun tahapan penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknk penelitinnya (1) observasi (2) tes (3) dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh adalah pada siklus I nilai ketuntasan belajar sebesar 65%, rentan persentase 60 % - 75% masuk pada kategori sedang. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 80% rentan 76 – 85 % adalah masuk pada kategori baik. Hal ini menunjukan adanya peningkatan yang baik antara siklus I dan siklus II (akhir siklus) dari kategori sedang menjadi baik. Kemudian, hasil observasi aktifitas guru mengalami peningkatan, untuk aktifitas guru pada siklus I sebesar 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 80%, ini menunjukan adanya peningkatan pula dari kategori sedang menjadi baik. Sedangkan untuk aktifitas siswa pada siklus I sebesar 71.5% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 80% dan ini masuk pada kategori baik serta nilai ini melebihi dari kriteria ketuntasan yang ditentukan Madrasah. Bersadarkan perhitungan yang telah dilakukan bahwa metode Picture and Picture dapat membantu meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi bebas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Picture and picture; Puisi; Bahasa Indonesia;
Subjects: Education, Research of Language, Related Topics of Language
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 17 Nov 2018 02:51
Last Modified: 17 Nov 2018 02:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16741

Actions (login required)

View Item View Item