Perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara penerapan model kooperatif tipe Snowball Throwing dan tipe team Assisted Individulization pada materi Khulafaurrasyidin: Penelitian quasi eksperimen di SMP Plus Al-Ghifari Kelas VII Tahun Pelajaran 2017 / 2018

Rasidi, Qoriah Tessa (2018) Perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara penerapan model kooperatif tipe Snowball Throwing dan tipe team Assisted Individulization pada materi Khulafaurrasyidin: Penelitian quasi eksperimen di SMP Plus Al-Ghifari Kelas VII Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Pengunaan model pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mempermudah mencapai tujuan pembelajaran, banyak sekali model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru, salah satunya adalah model kooperatif tipe snowball throwing dan team assisted individualization. Model pembelajarn ini diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa karena dilapangan ditemukan masalah yaitu rendahnya hasil belajar kognitif siswa, pembelajaran mono method atau teacher center, dan suasana pembelajaran yang kaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model kooperatif tipe snowball throwing dan team assisted individualization, hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe snowball throwing, hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe team assisted individualization dan perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada antara menggunakan model kooperatif tipe snowball throwing dan team assisted individualization. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa dipengaruhi oleh ketepatan guru memilih model pembelajaran. Atas dasar itu peneliti memilih model kooperatif tipe snowball throwing dan team assisted individualization untuk dilihat perbedaan hasil belajar kognitif siswa karena model kooperatif tipe snowball throwing dan team assisted individualization ini merupakan model pembelajaran yang berbasis kerjasama siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperiment pretest posttest control group design. Desain ini terdiri dari 2 kelas ekperimen untuk pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan menggunakan teknik sistematis sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Plus AL-Ghifari dan untuk sampel menggunakan satu kelas yaitu kelas VII sebanyak 28 siswa kemudian dibagi menjadi 2 kelas 14 siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe snowball throwing dan team assisted individualization. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi dan tes. Analisis data menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa proses penerapan model kooperatif tipe snowball throwing dan team assisted individualization menunjukan kategori cukup baik. Hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe snowball throwing 64,0 dengan kategori cukup. Sedangkan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan team assisted individualization 70,28 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan uji normalitas semua data berdistribusi normal. Analisis data uji homogentitas menunjukan semua data menunjukan homogen. Analisis data uji hipotesis hasil belajar kognitif siswa didapatkan hipotesis thitung>ttabel yaitu 9,16>2,26 snowball throwing sedangkan hipotesis thitung>ttabel yaitu 1,84<2,26 dapat disimpulkan bahwa menggunakan model kooperatif tipe snowball throwing lebih meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan menggunakan kooperatif tipe team assisted individualization.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Belajar Kognitif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tessa Qoriah Rasidi
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:48
Last Modified: 13 Jan 2022 02:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16875

Actions (login required)

View Item View Item