Pengembangan rubrik penilaian keterampilan proses sains pada materi gerak harmonis sederhana

Rahman, Andrie Fahtur (2018) Pengembangan rubrik penilaian keterampilan proses sains pada materi gerak harmonis sederhana. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Rubrik penilaian merupakan salah satu instrumen penilaian yang dapat membantu guru dalam memberikan nilai yang objektif bagi peserta didik. Rubrik penilaian juga dapat membantu peserta didik untuk menilai hasil diri sendiri apakah sudah baik atau belum dalam kompetensi yang ditentukan oleh guru. Pada kenyataanya rubrik penilaian masih jarang digunakan dalam menilai kinerja peserta didik, hal tersebut terjadi karena guru sulit untuk membuat rubrik penilaian dengan waktu yang singkat. Untuk dapat membantu guru dalam membuat rubrik penilaian, maka dilakukan pengembangan rubrik penilaian. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: (1) Mengembangkan rubrik penilain keterampilan proses sains pada materi gerak harmonis sederhana, (2) mengetahui kepraktisan produk pengembangan rubrik penilaian dan (3) mengetahui kelayakan produk pengembangan rubrik penilaian keterampilan proses sains. Metode pengembangan menggunakan metode 4D yang meliputi define, design, develop, dan desseminate. Populasi penelitian merupakan peserta didik kelas X MIPA 2 di SMA Karya Budi Cileunyi yang berjumlah 35 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan rubrik penilaian keterampilan proses sains layak dan praktis ketika digunakan dengan presentase untuk kelayakan yaitu 94% tersmasuk pada kategori sangat layak dan untuk praktikalitas menunjukkan presentase 91% termasuk pada kategori sangat praktis. Dan terdapat tanggapan terhadap rubrik penilaian keterampilan proses sains yang dilakukan oleh peserta didik dan observer termasuk pada kategori sangat baik dengan presentase 90%

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Rubrik Penilaian; Rubrik Penilaian; Keterampilan Proses Sains
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Andrie Fahtur Rahman
Date Deposited: 22 Nov 2018 06:07
Last Modified: 22 Nov 2018 06:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16894

Actions (login required)

View Item View Item