Rahman, Andrie Fahtur (2018) Pengembangan rubrik penilaian keterampilan proses sains pada materi gerak harmonis sederhana. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
Abstract
Rubrik penilaian merupakan salah satu instrumen penilaian yang dapat membantu guru dalam memberikan nilai yang objektif bagi peserta didik. Rubrik penilaian juga dapat membantu peserta didik untuk menilai hasil diri sendiri apakah sudah baik atau belum dalam kompetensi yang ditentukan oleh guru. Pada kenyataanya rubrik penilaian masih jarang digunakan dalam menilai kinerja peserta didik, hal tersebut terjadi karena guru sulit untuk membuat rubrik penilaian dengan waktu yang singkat. Untuk dapat membantu guru dalam membuat rubrik penilaian, maka dilakukan pengembangan rubrik penilaian. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: (1) Mengembangkan rubrik penilain keterampilan proses sains pada materi gerak harmonis sederhana, (2) mengetahui kepraktisan produk pengembangan rubrik penilaian dan (3) mengetahui kelayakan produk pengembangan rubrik penilaian keterampilan proses sains. Metode pengembangan menggunakan metode 4D yang meliputi define, design, develop, dan desseminate. Populasi penelitian merupakan peserta didik kelas X MIPA 2 di SMA Karya Budi Cileunyi yang berjumlah 35 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan rubrik penilaian keterampilan proses sains layak dan praktis ketika digunakan dengan presentase untuk kelayakan yaitu 94% tersmasuk pada kategori sangat layak dan untuk praktikalitas menunjukkan presentase 91% termasuk pada kategori sangat praktis. Dan terdapat tanggapan terhadap rubrik penilaian keterampilan proses sains yang dilakukan oleh peserta didik dan observer termasuk pada kategori sangat baik dengan presentase 90%
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Rubrik Penilaian; Rubrik Penilaian; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Physics > Data Processing and Analysis of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Andrie Fahtur Rahman |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 06:07 |
Last Modified: | 22 Nov 2018 06:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16894 |
Actions (login required)
View Item |