Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat

Segara, Muhamad Wasesa (2018) Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya tingkat komitmen organisasi yang di miliki oleh karyawan Jika komitmen para pengikut terhadap organisasinya tinggi, mereka akan melaksanakan tugasnya secara maksimal dan menghasilkan kinerja tinggi. Kinerja ini mempengaruhi kinerja organisasi dalam mencapai tujuannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah Karisma (idealized influence/charisma) berpengaruh terhadap komitmen, (2) Apakah Rangsangan intelektual (intelectual stimulation) berpengaruh terhadap komitmen, (3) Apakah Perhatian individual (individualized consideration) ) berpengaruh terhadap komitmen, dan (4) Apakah Motivasi inspirasi (inspirational motivation) berpengaruh terhadap komitmen. Pada Penelitian ini meneliti mengenai variabel dependen yaitu gaya kepemimpinan transformasional (X) dan variabel independen yaitu komitmen organisasi (Y). Untuk gaya kepemimpinan transformasional peneliti menggunakan teori Bernard M.Bass yaitu karisma, moivasi inspirasi, rangsangan intelektual dan perhatian individu. Kemudian untuk komitmen organisasi peneliti menggunakan teori dari Meyer & Allen. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif atau deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah simple randon sampling, dan penentuan jumlah sampel menggunakan teknik Slovin sehingga didapat jumlah sampel 60 responden. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang di bagikan langsung kepada pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif,, dan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh karisma terhadap komitmen organisasi dengan nilai t hitung > t tabel (8,500 > 1,67303), (2) terdapat pengaruh motivasi inspirasi terhadap komitmen dengan nilai t hitung > t tabel (2,742 > 1,67303), (3) tidak terdapat pengaruh pada rangsangan intelektual terhadap komitmen organisasi dengan nilai t hitung < t tabel (1,524 < 1,67303), serta (4) tidak terdapat pengaruh antara perhatian individu terhadap komitmen dengan nilai t hitung < t tabel (-2887 < 1,67303).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Karisma; Motivasi Inspirasi; Rangsangan Intelektual; Perhatian Individu; Komitmen Organisasi;
Subjects: General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Muhamad Wasesa Segara
Date Deposited: 03 Dec 2018 02:49
Last Modified: 03 Dec 2018 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16945

Actions (login required)

View Item View Item