Hubungan bimbingan menghafal Al Quran dengan prestasi belajar siswa kelas Tahfizd: Penelitian di Madrasah Aliah Al Muhajirin. jln. Veteran. gg Kenanga II. Kebon Kolot Kabupaten Purwakarta Jawa Barat 41164

Rahmah, Silvia (2013) Hubungan bimbingan menghafal Al Quran dengan prestasi belajar siswa kelas Tahfizd: Penelitian di Madrasah Aliah Al Muhajirin. jln. Veteran. gg Kenanga II. Kebon Kolot Kabupaten Purwakarta Jawa Barat 41164. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1sd4.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)

Abstract

Menghafal Al quran adalah kegiatan yang memprogram sebagai suatu proses pelatihan dimana keterbiasaan ingatan itu akan tajam jika kita sering melatihnya, karena pada dasarnya al quran adalah obat penawar bagi yang mengamalkanya. Menghafal Al-Qur’an bukanlah pekerjaan yang gampang, akan tetapi bukan pula suatu hal yang tidak mungkin, walaupun demikian telah banyak orang yang hafal Al-Qur’an di luar kepala. Hal ini terbukti sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW sampai sekarang banyak orang yang menghafal Al Quran, demkian juga dengan pondok pesantren Al Muhajirin yang memberikan kesempatan bagi para santri dan siswanya untuk menekuni memahami, dan menghafal al quran. Karena banyak sekali faidah dan kemaslahatan yang di dapatkan oleh para hufadz ( penghafal al quran ). Termasuk hubungan postif yang di harapkan dari proses menghafal al quran ini adalah berdampak pada perbaikan nilai belajar di sekolah terutama perbaikan diri dan peningkatan sumberdaya manusia secara kuntitas dan kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan menghafal al quran dengan prestasi belajar siswa, dalam penelitia ini penulis mengambil lokasi penelitian di Madrasah Aliah Al Muhjairin yang lokasinya berada di lingkungan Pondok Pesantren Al Muhajirin Kebon Kolot Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini bertolak pada kerangka penelitian tentang menghafal al quran dimana menghafal al quran adalah suatu upaya untuk merekam ulang tulisan bacaan yang ada dalam teks alquran secara baik dan benar, dengan tujuan melestarikan pedoman umat manusia, yang berdampak pada perbaikan kualitas diri individu yang dalam hal ini di kaitkan pada prestasi belajar, karena dinilai secara objektif. Menghafal al quran sangat di butuhkan bagi kalangan remaja sekarang khususnya pada anak usia dini dan menjelang remaja, agar menjadi generasi yang kokoh dan qur’ani. Metode yang di gunakan salama penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang berfungsi untuk mengamati permasalahan secara sistematis dan akurat mengenai fakta fakta dan sifat sifat objek terentu. Penelitan ini bertujuan ntuk memaparkan, menggambarkan dan memetakan fakta berdasarkan cara berfikir tertentu serta penomena tentang hubungan menghafal al quran dengan prestasi belajar siswa di Madrasa Aliah Al Muhajirin Kebon Kolot Kabupaten Purwakarta. Dan dengan data kuantitatif yaitu pengumpulan data observasi pengamatan langsung, dan analisis angket. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat di peroleh kesimpulan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara Bimbingan Menghafal AL-Qur’an dengan Prestasi Belajar Siswa kelas Tahfidz, sehingga siswa yang menghafal al quran di Madrasah Aliah Al Muajirin rata-rata menghasilkan nilai atau prestasi yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al Quran;Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Islam > Koran
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 02:41
Last Modified: 31 Jul 2019 07:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item View Item