Model pembelajaran pendidikan agama Islam di Muassasah Assaqofah Al-Islamiah Propinsi Patani selatan Thailand

Dueramaeng, Miss Sumaiyah (2017) Model pembelajaran pendidikan agama Islam di Muassasah Assaqofah Al-Islamiah Propinsi Patani selatan Thailand. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Muassasah Assaqofah Al-Islamiah didirikan oleh Almarhom Tuan Guru H. Abd. Rohman Bin Ahmad Pendidikan Muassasah Assaqofah Al-islam ini terbentuk pesantrin tradisional yang membahas kitab kuning. tahun 1988 Muassasah Assaqofah Al-Islamiah ini dipimpin oleh ustadz H. Ibrahim Bin Abdullah . Mulai dari satu system pendidikan Muassasah Assaqofah Al-Islamiah berubah bentuk kepada pendidikan islam modern yaitu pendidikan agama dan umum disatukan dalam kurikulum pendidikan tahun 1998 Muassasah Assaqofah Al-islamiah memiliki tiga tingkatan Ibtida’iyah, mutawassitoh, dan Tsanawiyah,. Latar belakan masalah adalah perubahan-perubahan kebijakan pemerintah dalam pendidikan agama islam ini, yaitu perubahkan system pondok pesantrin kepada sekolah dan sedikit mempersulitkan untuk mempelajari ilmu agama islam. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui latar belakang berdirinya Muassasah Assaqofah Al-Islamiah (2) untuk mengetahui konsep dan penerapan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Muassasah Assaqofah Al-Islamiah (3) apa yang menjadi faktor penunjang dan penhambat pendidikan Muassasah Assaqofah Al-Islamiah (4) keberhasilan yang telah dicapai. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran, bahwa tujuan pendidikan Muassasah Assaqofah Al-Islamiah adalah mencetak para ilmuan dan tenaga ahli dalam bidang ilmu tarbiyah, usuluddin, dakwah, dan Bahasa arab serta menciptakan manusia yang beriman, beramal dan berahlian juga ikut berperang dalam menyi’arkan ajaran islam melalui pengabdian terhadap agama, bangsa, dan tanah air. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif, kerana yang diteliti adalah pemecahan masalah yang ada pada saat ini, yang mengunakan pengumpulan data melalui observasi ke lokasi secara lansung, setudi dokomentasi wawancara lansung dengan respoden yang diangap representative. Analisis data dilakukan dengan pendekatan prinsip logika analisis dengan pertimbangan semua yang peroleh bersifat kualitatif. Hasil dari pengumpulan dan analisis data diperoleh bahwa (1) latar belakang berdiri Muassasah Assaqofah Al-Islamiah adalah sekolah pendidikan agama islam di patani (Selatan Thailend) selatan sangat sikit jumlahnya,namun sagat butuh sekolah agama sehingga ada kesulitan bagi umat islam untuk mempelajari ilmu agama islam pada waktu itu (2) konsep adalah penerapan model pembelajaran pendidikan Agama Islam dan aspek proses pembelajaran (3) faktor penunjang adalah siswa yang prilaku baik, kurikulum yang sesuai, guru yang profesi, dan faktor penhambat adalah dana sedikit, sarana tidak memenuhi, lingkungan yaitu perhatian pemerintah sagat kurang (4) keberhasilan terlihat dari para lulusan yang mampu menjadi iman di masyarakat, dapat melanjukan pendidikan di perguruan tinggi baik di dalam maupun di luar negari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Muassasah Assaqofah Al-islamiah; Patani;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 29 Nov 2018 03:21
Last Modified: 29 Nov 2018 03:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17045

Actions (login required)

View Item View Item