Panutan, Gelar Rahmatillah (2018) Penerapan lembar kerja berbasis siklus belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) pada proses penyepuhan logam: penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XII SMAN 1 Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover skripsi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (315kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini menerapkan lembar kerja berbasis siklus belajat 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) pada proses penyepuhan logam, dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Informasi diperoleh dengan mengukur aktivitas siswa selama penerapan lembar kerja, penyelesaian siswa pada Lembar Kerja (LK) berbasis siklus belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) pada proses penyepuhan logam, serta tes hasil belajar siswa setelah diterapkan lembar kerja berbasis siklus belajar 5E pada proses penyepuhan logam. Hasil yang diperoleh pada aktivitas siswa selama penerapan lembar kerja berbasis siklus belajar 5E pada proses penyepuhan logam yaitu rata-rata 84% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil yang didapat pada penyelesaian lembar kerja berbasis siklus belajar 5E pada proses penyepuhan logam yaitu rata-rata 87% dan dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata tertinggi 90% pada tahap evaluation dan dikategorikan sangat baik, dan nilai terendah 70% pada tahap elaboration dan dikategorikan baik. Nilai rata-rata tes hasil belajar 77% dengan kategori baik. Dengan demikian penerapan lembar kerja berbasis siklus belajat 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) pada proses penyepuhan logam ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja. Kata Kunci: Lembar Kerja, Siklus Belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation), Penyepuhan Logam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja; Siklus Belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation); Penyepuhan Logam; |
Subjects: | Education, Research Education > Statistic of Education General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Gelar R. Panutan |
Date Deposited: | 30 Nov 2018 07:59 |
Last Modified: | 30 Nov 2018 07:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17080 |
Actions (login required)
View Item |