Hubungan antara pengetahuan tentang pubertas dengan kecemasan menghadapi menarche: studi pada siswi kelas V Dan VI di SD Plus Al- Ghifari Kota Bandung

Fadhila, Fatin (2017) Hubungan antara pengetahuan tentang pubertas dengan kecemasan menghadapi menarche: studi pada siswi kelas V Dan VI di SD Plus Al- Ghifari Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (771kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)

Abstract

Tidak sedikit anak perempuan yang saat menstruasi pertamanya (menarche) mengalami gejala-gejala kecemasan, seperti menangis, takut, khawatir, dan yang lainnya. Hasil penelitian (Irmawati, 2013) didapatkan sebanyak 46 siswi (26,6%) yang memiliki pengetahuan baik dengan tingkat kecemasan ringan, 16 siswi (9,2%) dengan tingkat kecemasan sedang, 8 siswi (4,6%) dengan tingkat kecemasan berat, 2 siswi (1,1%) dengan tingkat kecemasan panik, 4 siswi (2,3%) yang memiliki pengetahuan cukup dengan tingkat kecemasan ringan, 41 siswi (23,7%) dengan tingkat kecemasan sedang, 18 siswi (10,4%) dengan tingkat kecemasan yang berat, 1 siswi (0,6%) yang memiliki pengetahuan kurang dengan tingkat kecemasan sedang, 36 siswi (20,8%) yang tingkat kecemasan berat, dan 1 siswi (0,6%) dengan tingkat kecemasan panik. Dengan melihat fenomena demikian, maka peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui adanya hubungan antara pengetahuan pubertas dengan kecemasan menghadapi menarche pada siswi kelas V dan VI di SD Plus Al-Ghifari Kota Bandung. Peneliti melakukan riset penelitian dengan pendekatan populasi yang berjumlah 33 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pengetahuan pubertas soal dibuat berdasarkan dimensi pengetahuan dari Krathwohl dan Anderson (2001) dan skala kecemasan adaptasi dari The Test Anxiety Inventory for Children and Adolescents (TAICA) yang dibuat oleh Lowe, dkk. (2008). Pengolahan data menggunakan teknik korelasi Rank Spearman. Diperoleh koefesien korelasi sebesar -0.658. Artinya adalah H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi bisa disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif antara pengetahuan pubertas dengan kecemasan menghadapi menarche pada siswi kelas VI dan VI SD SD Plus Al-Ghifari Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan; Pubertas; Menarchie;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:18
Last Modified: 11 Dec 2018 06:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17320

Actions (login required)

View Item View Item