Saripin, Ipin (2015) Pengaruh periklanan dan lokasi kantor terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan Jasa Bank Syariah di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari outlook perbankan syariah yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia tahun 2013 dimana BI memproyeksikan tahun 2013 perbankan syariah akan tumbuh 5% tapi, kenyataannya sampai Mei 2014 pangsa pasar perbankan syariah hanya mencapai 4,92%. Hal inilah yang menarik bagi peneliti untuk melakukan penelitian. Kendala yang dihadapi diantaranya faktor periklanan dan lokasi Kantor. Fenomena tersebut menimbulkan permasalahan yang harus diteliti, yakni bagaimana pengaruh periklanan dan lokasi Kantor terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Garut. Penelitian ini bertujuan secara akademis untuk menambah wawasan keilmuan di bidang manajemen marketing dan memberikan referensi tentang keterkaitan pengaruh periklanan dan lokasi Kantor terhadap minat nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah dan secara praktis diharapkan dapat bermanfaat untuk memberikan masukan bagi perusahaan dalam upaya menyusun strategi periklanan dan lokasi. Dasar pemikiran penelitian ini bertolak dari pemikiran keterkaitan anatara periklanan dan lokasi Kantor berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah. Maka hipotesis yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah periklanan dan lokasi Kantor diduga berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yaitu dengan metode penelitian yang luas, namun hanya aspek-aspek tertentu saja yang akan dibahas. Sampel yang digunakan adalah 10% dari total populasi nasabah Bank Jabar Banten Syariah tahun 2014 sebanayk 3055 nasabah menjadi 97 nasabah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan studi dokumen. Adapun alat analisis dalam perhitungan ini menggunakan program SPSS release 21,00. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang positif tapi tidak signifikan dari periklanan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah dengan korelasi yang kuat sebesar 0,194 dan memiliki R Square sebesar 0,241 juga melalui uji t, dimana t hitung sebesar 0,507 (< t tabel 1,661), maka Ho diterima dan Hi ditolak. Selanjutnya adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari lokasi Kantor terhadap keputusan nasabah sebesar 0,475 dengan korelasi yang sedang/cukup sebesar 0,489 dan memiliki R Square sebesar 0,242 juga melalui uji t, dimana t hitung sebesar 5,028 (> t tabel 1,661), maka Ho ditolak dan Hi diterima. Kemudian adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari periklanan dan lokasi Kantor secara simultan terhadap keputusan nasabah dengan korelasi yang kuat sebesar 24,2% dan memiliki Adjust R Square sebesar 0,242 juga melalui Uji F, dimana F hitung sebesar 14,967 (> F tabel 3,093), maka Ho ditolak dan Hi diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Periklanan; Keputusan Nasabah; Jasa Bank Syariah |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil Financial Economics, Finance > Banks General Management > Sales Promotion |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 14 Dec 2018 02:46 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 04:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17457 |
Actions (login required)
View Item |