Penerapan strategi genius learning dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar tahun ajaran 2013/2014: penelitian tindakan kelas di SMP Islam Terpadu Ar-Ridlo Jatiwangi Kab. Majalengka

Intan, Intan (2014) Penerapan strategi genius learning dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar tahun ajaran 2013/2014: penelitian tindakan kelas di SMP Islam Terpadu Ar-Ridlo Jatiwangi Kab. Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus dalam proses pembelajaran matematika dengan penerapan strategi genius learning; (b) Kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan penerapan strategi genius learning pada setiap siklus; (c) Kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan penerapan strategi genius learning setelah mengikuti seluruh siklus pembelajaran; (d) Sikap siswa terhadap proses pembelajaran matematika dengan penerapan strategi genius learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian kelas VIII-A SMP IT Ar-Ridlo Jatiwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Rata-rata keseluruhan aktivitas guru 71,22%. Rata-rata keseluruhan aktivitas siswa 68,93%; (b) Kemampuan komunikasi matematik siswa pada siklus I 71,25, siklus II 75, dan siklus III 60; (c) Kemampuan komunikasi matematik siswa setelah mengikuti seluruh siklus pembelajaran 69,25; (d) Sikap siswa terhadap proses pembelajaran matematika dengan penerapan strategi genius learning adalah positif. Hal ini terlihat dari rata-rata skor sikap siswa lebih besar daripada skor sikap netral siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Genius Learning; Kemampuan Komunikasi Matematik; Ruang Bangun Sisi datar;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 04 Jan 2019 06:36
Last Modified: 04 Jan 2019 06:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17837

Actions (login required)

View Item View Item