Penerapan pendekatan PAKEM (pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa

Rofi’i, Irfan (2015) Penerapan pendekatan PAKEM (pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Karang Arum Cilengkrang Bandung yang masih perlu dikembangkan dan ditingkatkan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Bagaimana gambaran proses pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PAKEM pada setiap siklus, (b) Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan PAKEM pada setiap siklus, (c) Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan PAKEM setelah mengikuti seluruh siklus, (d) Bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PAKEM. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII B SMP Karang Arum Cilengkrang Bandung yang menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada pokok bahasan Kubus dan Balok. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (a) Gambaran proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PAKEM pada setiap siklus terlaksana dengan baik yaitu terlihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66,67% kategori cukup dan pada siklus II sebesar 82,40% kategori baik, (b) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan PAKEM pada setiap siklus mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematik pada siklus I sebesar 71,65 dan pada siklus II sebesar 73,59, dengan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 1,94, (c) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan PAKEM setelah mengikuti seluruh siklus adalah sebesar 70,36, (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PAKEM bersikap positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan PAKEM; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik; Aktif; Kreatif; Efektif;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 18 Jan 2019 09:17
Last Modified: 18 Jan 2019 09:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18116

Actions (login required)

View Item View Item