Jannah, Mela Arifah Husnul (2014) Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi listrik dinamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_babI.pdf Download (525kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_babII.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
||
Text (BAB III)
6_babIII.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_babIV.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah dinilai masih sangat rendah. Padahal kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki dalam menyelesaikan persoalan-persoalan fisika. Oleh karena itu, diperlukan penerapan model pembelajaran yang mampu membimbing dan melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Salah satu model yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa adalah Model Eliciting Activities (MEAs). Tujuan penelitian ini adalah (a) Mengetahui aktivitas siswa dan guru pada setiap tahapan pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dalam proses pembelajaran, (b) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa di SMP Negeri 3 Majalengka dengan menggunakan model pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) pada materi listrik dinamis. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Majalengka. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kelas dengan subjek penelitian sebanyak 34 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observai dan tes. Analisis data dari lembar keterlaksanaan aktivitas guru adalah baik dengan rata-rata persentase 85,06% dan untuk keterlaksanaan aktivitas siswa terkategori baik dengan rata-rata persentase 76,63%. Berdasarkan pngujian hipotesis dengan uji t, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan Model Eliciting Activities (MEAs) pada materi listrik dinamis, dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,47 yang terkategori sedang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Eliciting Activities (MEAs); Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa; Listrik Dinamis; |
Subjects: | Physics > Data Processing and Analysis of Physics Physics > Research and Statistical Methods of Physics Electricity |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 18 Jan 2019 10:33 |
Last Modified: | 18 Jan 2019 10:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18139 |
Actions (login required)
View Item |