Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi listrik dinamis

Jannah, Mela Arifah Husnul (2014) Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi listrik dinamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_babI.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text (BAB III)
6_babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dinilai masih sangat rendah. Padahal kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki dalam menyelesaikan persoalan-persoalan fisika. Oleh karena itu, diperlukan penerapan model pembelajaran yang mampu membimbing dan melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Salah satu model yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa adalah Model Eliciting Activities (MEAs). Tujuan penelitian ini adalah (a) Mengetahui aktivitas siswa dan guru pada setiap tahapan pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dalam proses pembelajaran, (b) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa di SMP Negeri 3 Majalengka dengan menggunakan model pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) pada materi listrik dinamis. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Majalengka. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kelas dengan subjek penelitian sebanyak 34 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observai dan tes. Analisis data dari lembar keterlaksanaan aktivitas guru adalah baik dengan rata-rata persentase 85,06% dan untuk keterlaksanaan aktivitas siswa terkategori baik dengan rata-rata persentase 76,63%. Berdasarkan pngujian hipotesis dengan uji t, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan Model Eliciting Activities (MEAs) pada materi listrik dinamis, dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,47 yang terkategori sedang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Eliciting Activities (MEAs); Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa; Listrik Dinamis;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Electricity
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 18 Jan 2019 10:33
Last Modified: 18 Jan 2019 10:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18139

Actions (login required)

View Item View Item