Puspita, Raisa Reza (2014) Penerapan strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (Kokami) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi kalor: Penelitian pre - eksperimen pada kelas X SMA Negeri 1 Sukatani Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (598kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
Abstract
Proses pembelajaran fisika di SMAN 1 Sukatani masih belum terlaksana dengan baik, salah satu faktor penyebabnya yaitu proses pembelajaran yang masih teacher center yaitu guru aktif dan siswa lebih pasif serta didukung dengan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Hal ini berdampak pada kemampuan penguasaan konsep yang diperoleh siswa. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dalam pelajaran fisika adalah dengan penerapan strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (kokami). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (kokami) dan peningkatan penguasaan konsep siswa setelah penerapan strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (kokami). Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan design one group pretest posttest. Penelitian dilakukan di kelas X SMAN 1 Sukatani. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling dan yang akan dijadikan sampel adalah satu kelas yaitu X-1. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran fisika dengan strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (kokami) mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya dan terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa yang signifikan setelah diterapkan strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (kokami) sesuai dengan hasil uji signifikansi (uji t) yang menunjukan nilai thitung (2,94 ) lebih besar daripada ttabel (2,408 ). Nilai rata-rata penguasaan konsep siswa yang ditunjukkan oleh indeks normal gain adalah sebesar 0,68 termasuk kategori sedang. Dengan demikian strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (kokami) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kotak dan kartu misterius (Kokami); strategi pembelajaran aktif; kalor; |
Subjects: | Physics > Research and Statistical Methods of Physics Physics > Instrumentation of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 22 Jan 2019 06:05 |
Last Modified: | 22 Jan 2019 06:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18208 |
Actions (login required)
View Item |