Manajemen layanan khusus peserta didik : penelitian di SMPIT Insan Teladan Cileunyi Kabupaten Bandung

Rahmyati, Lestari (2016) Manajemen layanan khusus peserta didik : penelitian di SMPIT Insan Teladan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB III)
6_ BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

Kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan diri sangat beragam. Oleh karena itu sebuah sekolah seharusnya memiliki berapa layanan untuk peserta didik yang dapat menunjang kegiatan pembelajarannya. Karena pada hakikatnya manajemen layanan khusus peserta didik adalah usaha yang tidak secara langsung berhubungan dengan proses belajar mengajar di kelas, tetapi secara khusus diberikan kepada peserta didik oleh lembaga pendidikan agar mereka lebih optimal dalam melaksanakan kegiatan balajar di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) latar alamiah SMPIT Insan Teladan, 2) perencanaan dalam manajemen layanan khusus peserta didik 3) pelaksanaan dalam manajemen layanan khusus peserta didik 4) evaluasi dalam manajemen layanan khusus peserta didik 5) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam manajemen layanan khusus peserta didik dan 6) hasil yang dicapai dalam manajemen layanan khusus peserta didik. Dan akan lebih membahas 3 layanan, yaitu layanan bimbingan dan konseling, layanan mentoring dan layanan asrama sekolah (boarding school). Penelitian ini berangkat dari kerangka pemikiran bahwa dalam peserta didik tidak cukup dengan akademik saja, akan tetapi peserta didik pun membutuhkan layanan yang berkenaan dengan psikologi dirinya, spiritual dan sosialnya. Maka dari itu penelitian ini akan lebih menyinggung ketiga layanan tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriftif. Adapun tekhnik pengumpulan data yang dilakukan dengan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data dilakukan dengan menelaah dan mempelajari data, unititas data, kategorisasi data dan penafsiran data. Sementara uji absah data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunanan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, kecukupan referensi, analisis kasus negatif, pengecekan anggota, uraian terinci dan auditing oleh dosen pembimbing dan pihak lembaga SMPIT Insan Teladan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen layanan khusus peserta didik di SMPIT Insan Teladan dalam perencanaannya secara administrasi belum lengkap. Dalam pelaksanaannya ketiga layanan ini menjalin kerjasama dalam penanganan peserta didik baik dalam hal masalah atau programnya. Adapun evaluasi dilakukan dengan continue. Sedangkan faktor penunjangnya meliputi SDM yang kompeten pada pengelola ketiga layanannya, fasilitas yang cukup memadai dan alur kordinasi yang baik dari semua elemen. Sementara faktor penghambatnya adalah alokasi waktu pada layanan mentoring dan asrama sekolah, sehingga keberjalanannya belum maksimal, namun tertutupi oleh adanya kerjasama antar layanan, akan tetapi tetap saja itu belum cukup mengefektifkan layanan tersebut. Sementara hasil yang dicapai dari setiap layanan, secara garis besar yaitu terlihat dari aspek pribadi dan sosial peserta didik yang hangat dan terbuka. aspek spiritual peserta didik ang islami. Selain itu dari aspek edukasi peserta didik yang peka dan mengkritisi terhadap informasi atau isu dan keilmuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; layanan; Peserta; Didik;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 06 Feb 2019 01:12
Last Modified: 06 Feb 2019 01:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18348

Actions (login required)

View Item View Item