Hasanah, Arini Ulfa (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pemanasan global. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
Abstract
Hasil studi pendahuluan di MTs Ar-Raudloh Cileunyi diperoleh data bahwa model pembelajaran yang digunakan belum memfasilitasi peserta didik. salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI). Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran Group Investigation pada materi pemanasan global, mengevaluasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Group Investigation pada materi pemanasan global. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-experimental design dengan model One Group Pretest dan Posttes, sampel penelitian ini diambil pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yang berjumlah 62 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes (Pretest dan Posttes) yang kemudian dianalisis dengan proses statistik serta diambil dari hasil langkah-langkah evaluasi dari model pembelajaran kooperatif tipe GI. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada materi pemanasan global dengan menggunakan model pembelajaran tipe GI, secara keseluruhan terjadi peningkatan yang signifikan, dimana hasil nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen 1 sebesar 62,42 dan hasil posttest memperoleh nilai 82,09 dengan kategori baik. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pretest sebesar 54,52 sedangkan posttest memperoleh nilai 71,93 berada pada kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Group Investigation; Hasil Belajar; |
Subjects: | Natural Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | arini arini ulfa |
Date Deposited: | 11 Feb 2019 03:53 |
Last Modified: | 11 Feb 2019 03:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18576 |
Actions (login required)
View Item |