Penerapan metode Learning Start with a Question (LSQ) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran PAI: Penelitian quasi experimen terhadap siswa kelas X RPL 2 SMK Bakti Nusantara 666 materi strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Madinah

Rahmawati, Putri (2018) Penerapan metode Learning Start with a Question (LSQ) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran PAI: Penelitian quasi experimen terhadap siswa kelas X RPL 2 SMK Bakti Nusantara 666 materi strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Madinah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab%201.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab%202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMK Bakti Nusantara 666 melalui pengamatan serta wawancara dengan guru mata pelajaran PAI diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa masih rendah di bawah KKM yaitu 7,5 hal tersebut dikarenakan disana metode pembelajaran masih menggunakan ceramah. Penulis mencoba untuk menerapkan metode Learning Starts With a Question (LSQ) yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui penerapan metode Learning Starts With a Question pada mata pelajaran PAI materi strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Madinah di SMK Bakti Nusantara 666. 2) Mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI materi strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Madinah setelah menggunakan metode Learning Starts With A Question di SMK Bakti Nusantara 666. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih metode pembelajaran. Atas dasar itu peneliti memilih metode Learning Start With A Question (LSQ karena metode ini memberi keluasan kepada siswa untuk berlatih bertanya, karena semakin siswa bertanya dia semakin ingintau dan aktif. Adapun kelebihan dari metode Learning Starts With a Question (LSQ) Siswa dituntut berani dan tidak malu, membiasakan siswa untuk bertukar pikiran dengan temannya, dapat meningkatkan motivasi siswa aktif pada proses pembelajaran, dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan tipe desain nonequivalent control group design dengan sampel berjumlah 31 siswa. Adapun tehnik pengumpul data menggunakan tes, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan kuantitatif menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode learning start with a question (LSQ) terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkahnya ini berdasarkan hasil observasi sebesar 69,5%. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI materi strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Madinah dengan menggunakan metode learning start with a question (LSQ) dapat dikategorikan tinggi sekali dengan perolehan rata-ata nilai posttest 83,24, meningkat dengan N-Gain kategori sedang yaitu 0,66.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Learning Start with a Question (LSQ); Kognitif; PAI;
Subjects: Islam > Islamic History
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: putri rahmawati
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:03
Last Modified: 12 Feb 2019 04:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18707

Actions (login required)

View Item View Item