Rahmawati, Putri (2018) Penerapan metode Learning Start with a Question (LSQ) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran PAI: Penelitian quasi experimen terhadap siswa kelas X RPL 2 SMK Bakti Nusantara 666 materi strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Madinah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab%201.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab%202.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMK Bakti Nusantara 666 melalui pengamatan serta wawancara dengan guru mata pelajaran PAI diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa masih rendah di bawah KKM yaitu 7,5 hal tersebut dikarenakan disana metode pembelajaran masih menggunakan ceramah. Penulis mencoba untuk menerapkan metode Learning Starts With a Question (LSQ) yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui penerapan metode Learning Starts With a Question pada mata pelajaran PAI materi strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Madinah di SMK Bakti Nusantara 666. 2) Mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI materi strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Madinah setelah menggunakan metode Learning Starts With A Question di SMK Bakti Nusantara 666. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih metode pembelajaran. Atas dasar itu peneliti memilih metode Learning Start With A Question (LSQ karena metode ini memberi keluasan kepada siswa untuk berlatih bertanya, karena semakin siswa bertanya dia semakin ingintau dan aktif. Adapun kelebihan dari metode Learning Starts With a Question (LSQ) Siswa dituntut berani dan tidak malu, membiasakan siswa untuk bertukar pikiran dengan temannya, dapat meningkatkan motivasi siswa aktif pada proses pembelajaran, dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan tipe desain nonequivalent control group design dengan sampel berjumlah 31 siswa. Adapun tehnik pengumpul data menggunakan tes, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan kuantitatif menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode learning start with a question (LSQ) terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkahnya ini berdasarkan hasil observasi sebesar 69,5%. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI materi strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Madinah dengan menggunakan metode learning start with a question (LSQ) dapat dikategorikan tinggi sekali dengan perolehan rata-ata nilai posttest 83,24, meningkat dengan N-Gain kategori sedang yaitu 0,66.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Start with a Question (LSQ); Kognitif; PAI; |
Subjects: | Islam > Islamic History Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | putri rahmawati |
Date Deposited: | 12 Feb 2019 04:03 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 04:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18707 |
Actions (login required)
View Item |