Pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap kemampuan kritis siswa pada materi sistem peredaran darah: Penelitian quasi eksperimen pada siswa Kelas XI IPA Semester Ganjil MA Al-Ishlah Kabupaten Subang

Aprilliani, Yunisa (2018) Pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap kemampuan kritis siswa pada materi sistem peredaran darah: Penelitian quasi eksperimen pada siswa Kelas XI IPA Semester Ganjil MA Al-Ishlah Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang terus berkembang pesat maka diperlukan keterampilan berpikir kritis agar siswa dapat lebih mudah memahami konsep, peka terhadap masalah yang terjadi sehingga dapat memahami, menyelesaikan masalah dan mampu mengaplikasikan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem peredaran darah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, dengan sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 kelas Eksperimen dan XI IPA 2 kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning memperoleh rata-rata sebesar 97,67% aktivitas siswa dan sebesar 86,58% aktivitas guru dengan kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,50 dan kelas kontrol sebesar 0,42. Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model problem based learning memiliki nilai rata-rata sebesar 3,33 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem peredaran darah dengan thitung 2,52 ≥ dari ttabel 2,01.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis; Sistem Peredaran Darah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunisa Aprilliani
Date Deposited: 04 Mar 2019 08:24
Last Modified: 04 Mar 2019 08:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18964

Actions (login required)

View Item View Item