Pengaruh model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan : penelitian di Kelas X IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Tanjungsiang Subang

Heryana, Muhammad Sidik (2017) Pengaruh model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan : penelitian di Kelas X IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Tanjungsiang Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (946kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Keterlibatan siswa merupakan bagian penting dari perkembangan kemampuan siswa itu sendiri. Berdasarkan hasil kegiatan wawancara dengan salah seorang siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Tanjungsiang, siswa merasa kesulitan apabila dihadapkan pada soal yang bersifat opini atau pendapat, apalagi jika siswa dihadapkan untuk dapat memberikan solusi atau pemecahan masalah. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dirasa dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjungsiang Subang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa untuk kelas yang menggunakan model inkuiri terbimbing dan 36 siswa untuk kelas yang tidak menggunakan model inkuiri terbimbing. Analisa data pada kedua kelompok menggunakan uji-t independent dengan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji-t independent di dapatkan hasil sebesar (7,61) lebih besar dari ttabel ketika dibandingkan sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri; Sains; Pencemaran linkungan;
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 20 Feb 2019 09:37
Last Modified: 20 Feb 2019 09:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18979

Actions (login required)

View Item View Item