Mawarni, Sintia (2018) Respon siswa terhadap penerapan metode hot seat hubungannya dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi SKI: Penelitian terhadap siswa kelas XI SMK Karya Budi Cileunyi Kab Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di SMK Karya Budi Cileunyi Kab. Bandung khususnya pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan hasil pengamatan di kelas XI saat mata pelajaran PAI berlangsung, siswa terlihat pasif dan apa yang disampaikan oleh guru cenderung tidak diperhatikan. Tentu hal ini berdampak pada hasil belajar. Pada mata pelajaran PAI hasil belajar siswa tergolong lebih rendah dibandingkan dengan hasil belajarnya pada mata pelajaran lainnya. Untuk membangun suasana belajar yang menyenangkan dan berorientasi pada siswa (student centered), maka perlu adanya pembaharuan pada metode pengajaran. Metode yang dimaksud tersebut adalah metode hot seat, sebuah metode non-didaktif untuk memberikan informasi ke kelas tanpa kehilangan perhatian. Dari fenomena tersebut menarik untuk diteliti bagaimana respon siswa terhadap penerapan metode hot seat pada mata pelajaran PAI materi SKI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) realitas respon siswa terhadap penerapan metode Hot Seat, 2) realitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi SKI, 3) realitas hubungan penerapan metode Hot Seat dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi SKI. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah respon siswa terhadap penerapan metode Hot Seat. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis yakni semakin positif respon siswa terhadap penerapan metode Hot Seat , maka akan semakin baik pula hasil belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi SKI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun alat pengumpulan datanya yaitu: tes, angket, observasi, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMK Karya Budi Cileunyi Kab. Bandung. Teknik penarikan sampelnya menggunakan cluster random sampling dan yang dijadikan sampel adalah satu kelas yaitu kelas XI A. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik. Berdasarkan penelitian diperoleh: 1) realitas respon siswa terhadap penerapan metode Hot Seat termasuk kualifikasi tinggi, rata-ratanya 4,10 berada pada interval 3,40-419. 2) Realitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi SKI termasuk kualifikasi baik, rata-ratanya sebesar 71,91 berada pada interval 70-79. 3) Hasil analisis korelasi mengenai kedua variabel diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,45 termasuk kategori korelasi sedang, karena berada pada interval 0,40-0,59. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh harga t hitung = 1,96 lebih besar dari t tabel = 1,753, maka hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat hubungan/pengaruh positif antara metode hot seat dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI materi SKI diterima. Adapun kadar pengaruhnya adalah sebesar 11%. ENGLISH This research is contradicted from the phenomenon appeared in SMK Karya Budi Cileunyi Kab. Bandung, especially on PAI subject. Based on the observation result in grade XI while PAI subject is running, the students give unactive response and what is delivered by the teacher inclined did not get an attention. Certainly, it is affected ths students study result. On PAI subject, the result is lower than other subjects. In increasing fun learning environment and students oriented, it needs an improvement on learning method. The method attached is hot seat, a non-didactive to deliver the information in the class without decreasing the attention. Then, it becomes an interesting topic to be discussed, on how the students response to the application of hot seat method on PAI subject through SKI material. This is aimed to reveal : 1) students response reality on the application of hot seat method, 2) students study result reality on PAI subject through SKI material, 3) relation of the application of hot seat method with students study result reality on PAI subject through SKI material. This research is contradicted that students cognitive result on subject PAI could be affected by some factors, which is the students response on hot seat method. This assumes a hypothesis that students response on the method will be as good as their study result on PAI subject through SKI material. The method which is conducted is descriptive. Besides, the collecting instrument data are : test, questionnaire, observation, and interview. This research is done in grade XI of SMK Karya Budi Cileunyi Bandung. The sample is taken by using cluster random sampling, and in this research saample is whole class of XI A. The data is analyzed statistically. Based on the research the results are : 1) students response reality on the application of hot seat method includes high qualification, which approximately 4,10 stand on interval 3,40-419. 2) the students response reality on PAI subject through SKI material involved in good qualification, approximately 71,91 stand on interval 70-79. 3) the correlation of the result on two variables got correlation coefficient 0,40-0,59. Based on the hypothesis trial revaled that t quantification value = 1,96 is bigger than table t = 1,753, so that the alternative hypothesis (Ha) which there is correlarion/good influence both hot seat method and students study result on PAI subject through SKI material is accepted. As for the affected standard is 11%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Respon; Hot Seat; Hasil Belajar; SKI; |
Subjects: | Islam > Islamic History Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sintia mawarni |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 06:04 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 06:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19098 |
Actions (login required)
View Item |