Ain, Raihan Qurrotul (2016) Manajemen rekrutmen peserta didik: Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Ciparay Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1.Cover Skripsi.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (409kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang bahwa situasi dan kondisi faktual di lembaga MA Al-Ihsan Ciparay dalam rekrutmen peserta didik yang terlihat dalam suatu masalah rekrutmenya, menerapkan sistem kuota, dikarenakan keadaan sarana-prasarana khusunya kelas yang belum cukup memadai. namun tidak melihat dari prestasi akademiknya, dan mengedepankan sistem kekeluargaan. Adapun untuk informasi penerimaan peserta didik di MA Al-Ihsan Ciparay masyarakat lebih mengutamakan kepercayaan terhadap Lulusan/alumni dan kepercayaan kepada ketua yayasan sosial lembaga pendidikan Al-Ihsan Ciparay Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kondisi Objektif MA Al-Ihsan Ciparay Kabupaten Bandung, (2) Perencanaan rekrutmen peserta didik MA Al-Ihsan Ciparay Bandung, (3) Pengorganisasian rekrutmen peserta didik MA Al-Ihsan Ciparay, (4) Pelaksanaan rekrutmen peserta didik MA Al-Ihsan Ciparay Bandung, (5) Pengawasan rekrutmen peserta didik MA Al-Ihsan Ciparay Bandung, (6) Hasil rekrutmen peserta didik MA Al-Ihsan Ciparay Bandung, (7) Faktor penunjang dan penghambat rekrutmen peserta didik di MA Al-Ihsan Ciparay Bandung. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa manajemen rekrutmen peserta didik secara umum dapat diamati dari tiga hal pokok sebagai berikut pertama: untuk mengsukseskan program pemerintah yaitu wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun (Wajar Dikdas 9 Tahun), kedua: mendapatkan input yang sesuai dengan Visi dan misi MA Al-Ihsan Ciparay menjadikan visi sekolah sebagai pedoman dalam mengelola dan memimpin sekolah, dan ketiga; mendapatkan gambaran peserta didik yang diterima di MA Al-Ihsan Ciparay. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dengan cara penafsiran deskriptif semata-mata dan uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan analisis kecakapan negative, kecakupan refleksi, uraian rinci dan auditing. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa MA Al-Ihsan Ciparay Bandung mempunyai perencanaan rekrutmen peserta didik, pengorganisasian rekrutmen peserta didik, pelaksanaan rekrutmen peserta didik, pengawasan rekrutmen peserta didik, hasil rekrutmen peserta didik, dan faktor penunjang dan penghambat rekrutmen peserta didik yang matang dengan membentuk Panitia Peserta Didik Baru (PPDB), rapat panitia, Pengumuman Pendaftaran, pendaftaran peserta didik, orientasi peserta didik. Tes lisan dan tertulis, serta penempatan peserta didik. Hasil pelaksanaan rekrutmen peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Ciparay Kabupaten Bandung cukup memuaskan terbukti dengan adanya kepercayaan dan dukungan dari masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktual; Akademik; Lulusan; Alumni;Manajemen; Rekrutmen |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 14 Mar 2019 04:59 |
Last Modified: | 14 Mar 2019 04:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19338 |
Actions (login required)
View Item |