Upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran PKN Pokok Bahasan Kewajiban Hak dan Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Question Student Have: Penelitian tindakan kelas terhadap kelas V MI Cibeusi Sumedang

Rohana, Cecep (2018) Upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran PKN Pokok Bahasan Kewajiban Hak dan Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Question Student Have: Penelitian tindakan kelas terhadap kelas V MI Cibeusi Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV,.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan pada pembelajaran Pkn di MI Al-Hikmah Kabupaten Bandung bahwa kegiatan pembelajaran masih menggunakan model dan media yang kurang menarik, yaitu masih menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan media buku saja. Masalah yang ditemukan ketika pembelajaran yaitu tidak menggunakan media pembelajaran apalagi menggunakan model pembelajaran, sehingga dalam pembelajaran siswa merasa jenuh, pembelajaran menjadi monoton dan tidak menyenangkan. Aktivitas belajar siswa juga terlihat pasif, hal ini dapat dilihat dengan adanya siswa yang masih mengobrol dengan temannya, siswa hanya diam saja, tidak ada yang bertanya bahkan tidak memperhatikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model question student have pada mata pelajaran Pkn materi hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat di kelas V MI Al-Hikmah. Model active learning salah satunya adalah tipe Question Student Have. Model Question Student Have merupakan model pembelajaran yang diawali oleh pertanyaan. Bertanya dapat dipandang sebagai refleksi dari keingintahuan setiap individu. Pembelajaran Pkn materi hak dan kewajiaban sebagai warga masyarakat dengan menerapkan model question student have ini diharapkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Question Student Have adalah suatu model pembelajaran yang dapat merespon siswa aktif untuk mambuat pertanyaan sehingga kemampuan yang dimilikinya tergali secara maksimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dan pendekatan mixed methods, yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al-Hikmah Kabupaten Bandung berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada proses pembelajaran menggunakan model Question Student Have pada mata pelajaran PKn Sangat Aktif. Aktivitas guru pada siklus I yaitu 74% dengan kategori Aktif dan aktivitas guru pada siklus II yaitu 100% dengan kategori sangat Aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Kewajiban Hak dan Tanggung Jawab Sebagai Warga Masyarakat pada siklus I yaitu 63,135% dengan kategori Cukup Aktif, selanjutnya pada siklus II yaitu 88,835% dengan kategori Sangat Aktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: MI Al-Hikmah; Penelitian Tindakan Kelas; PKN; Question Student Have
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: cecep rohana
Date Deposited: 22 Mar 2019 08:30
Last Modified: 22 Mar 2019 09:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19461

Actions (login required)

View Item View Item