Tanggapan Siswa terhadap program supercamp hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada Siswa kelas VII SMP Lab.Percontohan UPI Cibiru Kab.Bandung

Nisa, Nasiha Hanian (2017) Tanggapan Siswa terhadap program supercamp hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada Siswa kelas VII SMP Lab.Percontohan UPI Cibiru Kab.Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER'.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ BAB 1.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)

Abstract

Secara teoritis bahwa tanggapan siswa terhadap program supercamp dapat dipengaruhi motivasi belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama islam, namun realitas empiris menunjukkan bahwa dengan tanggapan siswa terhadap program supercamp itu ternyata motivasi belajar sebagian siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam rendah, sehingga timbul permasalahan apakah ada hubungan antara tanggapan siswa terhadap program supercamp dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama islam? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap program supercamp, realitas motivasi belajar siswa di SMP Lab.Percontohan UPI dan hubungan antara tanggapan siswa terhadap program supercamp dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Lab.Percontohan UPI.' Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa motivasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap Program Supercamp. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tanggapan siswa terhadap Program Supercamp, maka akan semakin baik motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Begitu pun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan datanya adalah angket, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Penyebaran angket ditunjukan kepada 32 siswa sebanyak 15 item. Setelah data terkumpul maka dianalisis melalui analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, realitas tanggapan siswa terhadap Program Supercamp menunjukkan kategori tinggi, berdasarkan nilai rata-rata sebesar 4,26 yang berada pada interval 3,5-4,2. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan kategori tinggi pula yaitu sebesar 3,77 yang berada pada interval 3,5-4,2. Signifikansi korelasinya diperoleh thitung 7,831 > dari ttabel 1,697. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara keduanya. Adapun analisis korelasi mengenai kedua variabel sebesar 0,71 dan termasuk pada korelasi tinggi yang berada pada interval 0,70-0,90. Dengan demikian, terjadi hubungan antara tanggapan siswa terhadap tanggapan siswa terhadap Program Supercamp hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Empiris; Supercamp
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 05 Apr 2019 02:39
Last Modified: 05 Apr 2019 02:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19653

Actions (login required)

View Item View Item