Sopian, Pian (2018) Tanggapan siswa terhadap penerapan Project Based Learning hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh penulis di SMP Terbuka 8 Kota Bandung, ditemukan bahwa sekolah tersebut telah menerapkan model pembelajaran project based learning dengan produk berupa ensiklopedi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Model pembelajaran tersebut dipandang baru, inovatif dan bisa membuat siswa aktif dalam belajar. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait tanggapan siswa terhadap penerapan project based learning hubungannya dengan motivasi belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) tanggapan siswa kelas VII terhadap penerapan project based learning di SMP Terbuka 8 Kota Bandung, 2) motivasi belajar siswa kelas VII SMP Terbuka 8 Kota Bandung, 3) hubungan antara tanggapan siswa kelas VII terhadap penerapan project based learning dengan motivasi belajar mereka di SMP Terbuka 8 Kota Bandung. Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Salah satu faktor tersebut yaitu tanggapan. Siswa memiliki tanggapan dan pengamatan yang berbeda terhadap objek yang ada disekitar mereka yang turut memberi pengaruh terhadap motivasi belajar belajar mereka. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan project based learning dengan motivasi belajar mereka. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan alat pengumpul data berupa angket, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Data dianalisis dengan menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan deskriptif dan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) realitas tangapan siswa terhadap penerapan project based learning termasuk pada kategori tinggi dengan rata-rata akhir 3,72 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk pada kategori tinggi dengan rata-rata akhir 3,41 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan project based learning dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk pada kategori sangat tinggi dengan koefisien korelasi 0,73 yang berada pada interval 0,70 – 1,00. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh thitung (6,68) > ttabel (1,701) artinya hipotesis (Ha) diterima. Artinya terdapat hubungan. Adapun kadar pengaruhnya sebesar 53,29% yang berarti bahwa motivasi belajar siswa besar dipengaruhi oleh tanggapan mereka terhadap penerapan projcet based learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggapan Siswa; Project Based Learning; Motivasi Belajar |
Subjects: | Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pian bapin |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 02:06 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 02:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19715 |
Actions (login required)
View Item |