Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe keliling kelompok untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak pokok bahasan akhlak tercela: Penelitian tindakan kelas di kelas V MIS Al-Muttaqin Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Savitri, Linda (2018) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe keliling kelompok untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak pokok bahasan akhlak tercela: Penelitian tindakan kelas di kelas V MIS Al-Muttaqin Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang metode pembelajaran yang diterapkan terhadap siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Adapun yang menjadi dasar dari penelitian ini dikarenakan ketika dalam pembelajaran siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan sering mengobrol dengan temannya dan juga karena proses pembelajaran dilakukan menggunakan metode konvensional sehingga menyebabkan siswa aktivitas belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran menurun dengan persentasi aktivitas belajar siswa yaitu 37,45%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan model Cooperative Learning tipe keliling kelompok pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak tercela di kelas V MIS Al-Muttaqin Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, 2) penerapan model Cooperative Learning tipe keliling kelompok pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak tercela di kelas V MIS Al-Muttaqin Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung pada setiap siklus. 3) aktivitas belajar siswa setelah menggunakan model Cooperative Learning tipe keliling kelompok pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak tercela di kelas V MIS Al-Muttaqin Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung pada setiap siklus. Model pembelajaran cooperative learning tipe keliling kelompok ini yaitu kegiatan yang mengajarkan siswa untuk mendapatkan kesempatan mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa dapat berkontribusi secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Sehingga hipotesis dari model pembelajaran cooperative learning tipe keliling kelompok diduga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan masing masing 2 tindakan, tahapannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, obsrvasi dan refleksi. Teknik pngumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan, dengan instrument silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, lembar observasi siswa dan guru. Analisis data dari penelitian ini dengan menggunakan statistik sederhana. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa hasil observasi aktivitas guru dan siswa selalu meningkat pada tiap pertemuan. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai persentase aktivitas guru yakni siklus I 76% (aktif) dan siklus II 97% (sangat aktif). Sedangkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan hasil observasi juga mengalami penigkatan yakni siklus I 49,62% (cukup aktif) dan siklus II 75,55% (aktif). Sehingga dapat disimpulan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe keliling kelompok dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak; Aktivitas belajar siswa; Keliling kelompok; Madrasah Ibtidaiyah;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Linda Savitri
Date Deposited: 22 Apr 2019 03:00
Last Modified: 22 Apr 2019 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19875

Actions (login required)

View Item View Item