Penerapan metode bercakap-cakap melalui media Papan Flanel untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini: Penelitian tindakan kelas di RA Miftahul Khoer Desa Biru Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung

Falah, Helmi Diyaul (2018) Penerapan metode bercakap-cakap melalui media Papan Flanel untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini: Penelitian tindakan kelas di RA Miftahul Khoer Desa Biru Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan terdapat beberapa permasalahan mengenai kemampuan berbicara anak, diantaranya anak belum bisa berbicara dengan artikulasi yang jelas, belum bisa berbicara di depan temannya, belum menguasai perbendaharaan kata, kurangnya interaksi antara anak dengan guru pada kegiatan pembelajaran. Hal tersebut dipengaruhi oleh kurangnya penggunaan metode yang menarik bagi anak dalam kemampuan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan berbicara anak usia dini sebelum menggunakan metode bercakap-cakap melalui media papan flanel; 2) Proses penerapan metode bercakap-cakap melalui media papan flanel pada setiap siklus; dan 3) Kemampuan berbicara anak usia dini setelah diterapkan metode bercakap-cakap melalui media papan flanel pada setiap siklus di kelas A RA Miftahul Khoer Desa Biru Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa penggunaan metode yang baik dan menarik minat anak dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Metode bercakap-cakap melalui media papan flanel merupakan suatu metode yang sesuai dengan kegiatan berbicara. Penggunaan metode bercakap-cakap melalui media papan flanel dapat mempermudah anak untuk merangsang berbicara karena terdapat beberapa gambar yang menarik yang ditempel di media papan flanel, tidak terkecuali perbendaharaan kata, sehingga anak merasa antusias dengan penggunaan metode tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan campuran. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua kali tindakan. Subyek penelitian ini adalah 18 anak yang terdiri dari 8 laki-laki dan 10 perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi, unjuk kerja dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berbicara anak, dibuktikan pada pra siklus yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 29,39 dengan kriteria kurang sekali. Proses penerapan metode bercakap-cakap melalui media papan flanel dilihat dari aktivitas anak dan guru mengalami peningkatan. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 67,39% dengan kriteria cukup, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,43% dengan kriteria baik. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 84,78% dengan kriteria baik, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 93,47% dengan kriteria sangat baik. Demikian pula halnya dengan kemampuan berbicara anak di kelas A RA Miftahul Khoer mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 49,97 dengan kriteria kurang sekali, dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 72,56 dengan kriteria baik. Maka dapat disimpulkan hipotesis yang diajukan diterima, artinya penerapan metode bercakap-cakap melalui media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Bercakap-Cakap; Media Papan Flanel
Subjects: Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Helmi Diya
Date Deposited: 23 May 2019 03:20
Last Modified: 23 May 2019 03:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20577

Actions (login required)

View Item View Item