Pratama, Muhammad Rifky (2019) Manajemen pemasaran jasa Madrasah : Penelitian di Madrasah Aliyah Muslimin Cikondang Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1. COVER.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK 2.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (129kB) | Preview |
|
Text
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
||
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
Abstract
Pemasaran merupakan bagian terpenting dalam pengimplementasian suatu wadah organisasi, maupun lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas dan kepercayaan suatu lembaga tersebut di suatu lingkungan. Faktor keberhasilan pemasaran pendidikan tergantung pada konsumen atau pelanggan pasar tersebut. Pemasaran mampu memberikan dorongan yang kuat agar minat pelanggan dapat direalisasikan dengan baik. Faktor pelanggan juga menentukan maju atau tidaknya suatu organisasi di lingkungan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) latar alamiah MA Muslimin, (2) perencanaan pemasaran di MA Muslimin, (3) pengorganisasian pemasaran di MA Muslimin, (4) pelaksanaan pemasaran di MA Muslimin, (5) pengawasan pemasaran di MA Muslimin, (6) hasil manajemen pemasaran di MA Muslimin, (7) faktor penghambat dan pendukung pemasaran di MA Muslimin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan pendekatan ilmu manajemen pemasaran jasa pendidikan. Adapun sumber data utama adalah Kepala Sekolah, tata usaha, kesiswaan sebagai key informan yang dilanjutkan dengan snowbal process. Pengambilan data dilakukan dengan melalui mekanisme wawancara, observasi dan dokumentasi data, serta rangkaian data di analisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemudian untuk memperdalam hasil penelitian peneliti juga menggunakan teknik analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, manajemen pemasaran yang dilakukan oleh MA Muslimin untuk meningkatkan jumlah peserta didik menggunakan dua cara, yaitu: (1) pemasaran secara langsung, yaitu melalui Promosi dan Publisitas; Pemanfaatan IT, Media Cetak dan Elektronik; dan promosi secara langsung ke sekolah-sekolah dengan keikutsertaan dari alumni. (2) Pemasaran secara tidak langsung, yaitu melalui penawaran berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ditampilkan diberbagai acara-acara, seperti HUT RI serta kegiatan lain yang dapat membekali peserta didik baik yang melanjutkan studi ke jenjang ke perguruan tinggi maupun yang akan kembali ke masyarakat. Faktor penunjang dalam pemasaran di MA Muslimin terdiri dari: (1) Produk jasa yang ditawarkan yaitu perpaduan pendidikan umum dengan keagamaan , (2) Berdekatan dengan SLTP yang satu yayasan, (3) sarana dan prasarana yang cukup memadai, (4) Pemilihan strategi promosi melalui direct marketing dan informasi dari mulut ke mulut yang sangat efektif, (5) Pelaksanaan promosi lebih efisien. Sementara faktor menghambatnya meliputi: (1) Persaingan sekolah semakin aktraktif, (2) Bermunculan sekolah baru yang jaraknya tidak terlalu jauh dari madrasah MA Muslimin. Hasil dari manajemen pemasaran jasa madrasah di MA Muslimin adalah banyaknya jumlah peserta didik yang melanjutkan pendidikan di MA Muslimin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Manajemen Pemasaran; Pemasaran Jasa; Madrasah |
Subjects: | General Management > Market Research, Market Analysis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muhammad Rifky Pratama |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 01:33 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 01:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21293 |
Actions (login required)
View Item |