Dijaya, Arisna Oktaviana (2017) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit : penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas X IPA-4 SMAN 10 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
Abstract
Larutan elektrolit nonelektrolit merupakan materi kimia yang termasuk kedalam jenis konsep yang bersifat abstrak dan contoh konkrit. Pembelajaran yang diberikan harus membuat siswa aktif dalam proses membangun konsep. Melalui pembelajaran inkuiri terbimbing dapat memberikan pengalaman kepada siswa dan meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa untuk setiap siklus pada proses pembelajaran inkuiri terbimbing, menganalisis kinerja siswa untuk setiap siklus sesuai tahapan inkuiri terbimbing, menganalisis keterampilan proses sains untuk setiap siklus dengan model inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian 35 siswa kelas X IPA-4 SMAN 10 Bandung. Instrumen yang digunakan adalah deskripsi pembelajaran, lembar kerja siswa, format penilaian aktivitas siswa, guru, aspek psikomotor siswa, dan tes evaluasi keterampilan proses sains. Data yang diperoleh diolah menggunakan statistik deskriptif. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilaksanakan sesuai deskripsi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit untuk meningkatkan keterampilan proses sains terimplementasikan dengan baik. Jumlah rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 86,4 (sangat Baik) dan siklus II 91(Sangat Baik). Kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS untuk setiap siklus pembelajaran inkuiri terbimbing pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siklus I sebesar 70 (Baik) dan siklus II sebesar 75 (baik). Peningkatan keterampilan proses sains siswa pada siklus I dan II dengan nilai rata-rata siklus I yaitu 67(cukup) dan siklus II yaitu 70 (baik).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Proses Sains; Larutan Elektrolit; Nonelektrolit; |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 14:02 |
Last Modified: | 04 Jul 2019 14:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21434 |
Actions (login required)
View Item |