Konstruksi pesan dakwah akun @duniajilbab di media sosial Instagram

Nurjajiah, Sofa (2018) Konstruksi pesan dakwah akun @duniajilbab di media sosial Instagram. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.PDF

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.PDF

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.PDF

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.PDF

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.PDF
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.PDF
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Akun Instagram @duniajilbab mampu mengkonstruksi wajah islam yang penuh dengan kedamaian, menyebarkan berbagai macam kebaikan, mengajarkan ajaran-ajaran kepada sesame muslim, saling mengingatkan dan menjaga persaudaraan. Islam sebagai agama yang siap menghadapi era globalisasi membentuk karakter Islam yang fleksible dengan cara bersosialisasi dan berkomunikasi dengan media massa kini yang bernuansa islami. Selain itu, Islam sebagai rahmat bagi seluruh umat, yang bisa membuat suatu kelompok yang saling bertemu dan menjalin silaturahmi secara baik juga santun. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) untuk mengetahui tahap persiapan materi konstruksi pesan dakwah akun Instagram @duniajilbab; (2) untuk mengetahui mengetahui tahap penyebaran materi konstruksi pesan dakwah akun Instagram @duniajilbab; (3) untuk mengetahui tahap pembentukan materi konstruksi pesan dakwah akun Instagram @duniajilbab; (4)untuk mengetahui tahap konfirmasi materi konstruksi pesan dakwah akun Instagram @duniajilbab. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis pendekatan kualitatif. Setelah melakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pesan-pesan dakwah yang diunggah pengelola akun @duniajilbab selama bulan Juni 2018 sebanyak 16 pesan dakwah. Yang dibagi, berdasarkan kategori pesan dakwah (akidah, Syari’ah dan akhlak), jenis-jenis pesan dakwah dan, teknik komunikasi. Adapun, konstruksi pesan dakwah yang dilakukan pengelola akun @duniajilbab dilakukan dengan empat tahap, pertama, tahap menyiapkan materi dakwah yang dibuat oleh pengelola @duniajilbab dan juga followers, kedua, tahap sebaran konstruksi dilakukan dengan mengunggah pesan dakwah oleh pengelola akun @duniajilbab dengan menggunakan kolom place dan hashtag untuk sebaran pesan yang lebih luas.Ketiga, pada tahap pembentukan materi penilaian follower atau anggota komunitas akun @duniajilbab terbentuk opini yang berbeda-beda.Sedangkankeempat tahap konfirmasi, interaksi antara pengelola akun @duniajilbab dengan para followers terjadi melalui interaksi tombol like dan interaksi kolom comment. ENGLISH: Instagram account @duniajilbab was able to construct a face of islam which is full of peace, spread a variety of goodness, teach the teachings to sesame Muslims, mutual reminding and keep the fraternity. Islam as a religion that is ready to face the globalization era form the flexible character of Islam by way of socializing and communicating with the mass media now that Islamic nuances. In addition, Islam as a mercy for all the people, who can make a group meet and establish relations among people are well mannered. The purpose of this study, namely, (1) to know the preparation phase of construction material account propagation messages Instagram @duniajilbab; (2) to learn to know the stages of dissemination of the material of construction of the message propagation account Instagram @duniajilbab; (3) to find out the stage of formation of construction material account propagation messages Instagram @duniajilbab; (4) to know the stages of construction material confirmation message propagation account Instagram @duniajilbab. The research method used is descriptive method with the type of qualitative approaches. After doing some research, it can be concluded that messages preaching uploaded @duniajilbab account manager during June 2018 dakwah messages 16. Divided, based on the category of message propagation (creed, Sharia and morals), types of message propagation and communication technique. As for the construction of message propagation committed account manager @duniajilbab done with four stages, the first stage of preparing material for calling made by @duniajilbab Manager and also followers, second stage of the construction was done with distribution uploading message propagation by @duniajilbab account manager by using the column's place and the hashtag to leverage a broader message. Third, at this stage of the formation of the assessment material follower or member account @duniajilbab community formed differing opinions. The last stage of the confirmation, the interaction between the @duniajilbab account manager with the followers occurs through interaction and interaction like the button column comment.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Media Sosial; Instagram
Subjects: Islam > Da'wah
Islam Umum > Majalah Agama Islam, Jurnal Agama Islam, Penerbitan-penerbitan Berkala Islam
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: sofa nurjajilah
Date Deposited: 08 Jul 2019 06:24
Last Modified: 16 Feb 2022 04:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21487

Actions (login required)

View Item View Item