Penerapan model pembelajaran Coop Coop untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI An-Najah Cicalengka Kabupaten Bandung

Fadilah, Rosita Noor (2019) Penerapan model pembelajaran Coop Coop untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI An-Najah Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Rosita Noor Fadilah“Penerapan Model Pembelajaran Co-op Co-op untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada pembelajaran Tematik” (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V MI An-Najah Cicalengka Kabupaten Bandung) Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan masalah yang terjadi di kelas V MI An-Najah Cicalengka Kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil observasi didapatkan hasil data pendahuluan yang menjelaskan bahwa aktivitas belajar siswa kurang aktif. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang kurang merespon pertanyaan yang dilontarkan oleh guru, banyak siswa yang kurang bersemangat, malas menulis, banyak yang bermain-main di dalam kelas saat guru menerangkan materi pembelajaran, beberapa siswa bahkan melamun di dalam kelas dan ada pula siswa yang diam saja selama proses pembelajaran berlangsung. Sehingga, kegiatan pembelajaran menjadi tidak maksimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Co-op Co-op pada pembelajaran tematik, proses penerapan model pembelajaran Co-op Co-op pada pembelajaran tematik, dan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik sesudah penerapan model pembelajaran Co-op Co-op. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa banyak faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa salah satunya dengan cara menerapkan model pembelajaran Co-op Co-op. Bersadarkan pemikiran tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian kali ini adalah penerapan model pembelajaran Co-op Co-op pada pembelajaran tematik di duga meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan meliputi perencanaan (Planning), pelaksanaan (Acting), observasi (Observing), refleksi (Reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Dilengkapi dengan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Penelitian dilakukan di kelas V MI An-Najah Cicalengka Kabupaten Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak lima kali pertemuan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dengan baik. Pada pra siklus rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 43,92% yang termasuk ke dalam kategori “Kurang Sekali”, pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 63,42% yang termasuk ke dalam kategori “Cukup”, dan pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 81,31% yang termasuk ke dalam kategori “Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Co-op Co-op dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V MI An-Najah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktifitas belajar siswa; model pembelajaran Coop Coop; pembelajaran tematik
Subjects: Adult Education > Geographic Treatment of Adult Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rosita noor ita
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:17
Last Modified: 05 Jul 2019 07:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21493

Actions (login required)

View Item View Item