Mamahit, Irma Yolanda (2019) Terapi Al-Qur'an untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autis: Penelitian di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Bunda Bening Selakshahati Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (825kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
Abstract
Anak autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Bunda Bening Selakshahati memiliki permasalahan dalam meningkatkan interaksi sosialnya. Anak autis sulit untuk diajak berkomunikasi, sulit melakukan kerjasama dengan baik sehingga sulit mengembangkan perilaku sosialnya bahkan anak sulit untuk mengontrol emosinya atau masih sering tantrum. Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Bunda Bening Selakshahti memiliki program terapi, salah satunya yaitu terapi al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi intraksi sosial anak autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Bunda Bening Selakshahati Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Untuk mengetahui proses pelaksanaan terapi al-Qur’an di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Bunda Bening Selakshahati Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Untuk mengetaui kondisi interaksi sosial anak autis setelah mengikuti terapi al-Qur’an di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Bunda Bening Selakshahati Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data berupa observasi dan wawancara langsung dengan anak autis yang sudah bisa berinteraksi, terapis, guru dan pengasuh. Analisis data lebih difokuskan pada analisis data secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dari wawancara yang dilakukan dengan informan, diperoleh kesimpulan bahwa kondisi anak autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Bunda Bening Selakshahati Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung mengalami masalah mengenai interaksi sosial. Terapi al-Qur’an menjadi salah satu program dalam program terapi untuk mengatasi permasalahan dalam meningkatkan interaksi sosial. Terapi al-Qur’an menggunakan metode audio dan pijatan melalui beberapa tahapan 1) Tahap Pra Terapi (sebelum terapi) 2) Tahap Terapi (ketika terapi) 3) Tahap Pasca Terapi (setelah terapi). Hasil terapi al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Bunda Bening Selakshahati Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung adalah adanya peningkatan yang dialami oleh anak-anak autis. Terapi al-Qur’an dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autis dalam aspek berkomunikasi/berbicara, bekerjasama, solidaritas, mendengarkan dan menghargai. Setelah mengikuti program terapi yaitu terapi al-Qur’an anak autis sudah mampu berinteraksi sosial dengan lingkungan dalam kegiatan sehari-harinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terapi Al-Qur'an; Interaksi Sosial; Anak Autis; |
Subjects: | Pharmacology and Therapeutics > Theraphists Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Irma Irma Yolanda Mamahit |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 03:40 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 04:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21583 |
Actions (login required)
View Item |